Jasa Marga Imbau Pemudik Hindari Arus Balik 24-25 April

Image title
23 April 2023, 14:44
Jasa Marga, Arus Balik
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/YU
Ilustrasi, foto udara kendaraan melintas di jalan Tol Cikampek Utama saat penerapan satu arah, Karawang, Jawa Barat, Kamis (20/4/2023).

PT Jasa Marga Tbk mengimbau pemudik untuk menghindari puncak arus balik pada tanggal 24-25 April. Imbauan ini dikeluarkan dengan memperhatikan prediksi jumlah kendaraan yang akan kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) pada H+1 hingga H+7.

Jasa Marga memprediksi jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek pada periode tersebut akan mencapai 1,6 juta kendaraan, naik 5,1% dibandingkan momen Lebaran 2022.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, lalu lintas kendaraan yang kembali ke Jabotabek tersebut, merupakan kumulatif dari empat gerbang tol (GT) utama , yakni GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

Ia menambahkan. asal kendaraan yang kembali ke Jabotabek, mayoritas akan berasal dari arah Timur (arah Trans Jawa), yakni sebesar 61,4%.

"Jika kenaikan di puncak arus balik diasumsikan sama dengan puncak arus mudik, yaitu naik sebesar 20% dari puncak arus balik Lebaran 2022, maka akan terjadi lonjakan arus balik sebanyak 203.000 kendaraan yang akan kembali ke Jabotabek dari arah Timur," ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (23/4).

Jasa Marga mencatat sekitar 1,3 juta kendaraan telah meninggalkan Jabotabek pada H-7 hingga H-1 Hari Raya Idul Fitri 1444 H atau pada periode 15-21 April. Jumlah ini meningkat 3% dibandingkan dengan periode Lebaran 2022 dan meningkat hingga 41,25% jika dibandingkan dengan lalu lintas saat normal.

Operator jalan tol ini juga mencatat, pada Rabu (19/4), arus mudik ke arah Timur, yakni di Km 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, yang merupakan kendaraan dari arah Trans Jawa dan Bandung, telah mencetak rekor tertinggi sebesar 163.000 kendaraan, naik 20% dibandingkan dengan puncak arus mudik Lebaran 2022.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...