Urai Arus Balik, Jokowi Imbau ASN, TNI dan Polri Liburan Lebih Lama

Andi M. Arief
24 April 2023, 09:11
Urai Arus Balik, Jokowi Imbau ASN, TNI dan Polri Liburan Lebih Lama
Pertamina
Presiden Jokowi mengimbau para ASN, TNI/Polri liburan lebih lama untuk mengurai kepadatan arus balik Lebaran.

Presiden Joko Widodo mengimbau aparatur sipil negara atau ASN untuk berada di kampung halaman lebih lama selama Mudik Lebaran 2023. Hal tersebut juga berlaku pada aparat TNI dan Kepolisian dengan tujuan mengurai lalu lintas pada Arus Balik Lebaran 2023 ke Jabodetabek.

Jokowi mencatat jumlah kendaraan yang melalui Tol Jakarta-Cikampek pada puncak Arus Balik Lebaran 2023 diperkirakan mencapai 203.000 per hari. Seluruh kendaraan tersebut berasal dari arah Tol Trans Jawa dan Tol  Purwakarta-Bandung-Cileunyi.

Menurutnya, puncak arus balik akan terjadi pada 24-26 April 2023. Oleh karena itu, Kepala Negara mengimbau pegawai negara yang mudik untuk kembali setelah tanggal tersebut.

"Ketentuan ini berlaku untuk ASN, TNI, Polri, dan BUMN, maupun pegawai swasta yang teknisnya dapat diatur oleh instansi atau perusahaan masing-masing, seperti bentuk cuti tambahan atau bentuk cuti lainnya," kata Presiden Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Senin (24/4).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menilai total kendaraan pada Arus Balik Lebaran tahun ini akan menjadi yang tertinggi selama sejarah Republik. Oleh karena itu, pemerintah mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk menghindari waktu puncak Arus Balik Lebaran 2023 jika tidak ada keperluan mendesak.

Astra Tol Cipali mendata puncak Arus Mudik Lebaran 2023 terjadi pada 19-20 April 2023 atau lebih dari 130.000 kendaraan pribadi per hari. Sementara itu, pemudik yang menggunakan bus mayoritas berangkat pada 13-14 April 2023 atau lebih dari 8.000 unit bus per hari.

Sebagai informasi, Astra Tol Cipali merupakan operator dari Tol Cikopo-Palimanan. Adapun, jalan bebas hambatan tersebut merupakan salah satu jalur populer Mudik dan Arus Balik saat Lebaran selama beberapa tahun terakhir.

Presiden Direktur ASTRA Tol Cipali Firdaus Azis mencatat prediksi jumlah kendaraan selama Arus Balik Lebaran 2023 mencapai 1,5 juta unit menuju Jabodetabek. Menurutnya, puncak arus balik akan dimulai pada 26 April 2023 dengan kendaraan per hari mencapai 139.000 unit yang melintasi Tol Cipali.

Oleh karena itu, Firdaus mengajak pemudik untuk tidak kembali ke kawasan Ibu Kota pada 25-26 April 2023. Menurutnya, hal tersebut dapat meringankan lalu lintas pada Gerbang Tol Cikatama yang mempertemukan kendaraan dari arah Bandung, Pantura, dan Cipali.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya akan memberlakukan sejumlah rekayasa lalu lintas, baik di jalur tol maupun jalur arteri, untuk mengantisipasi puncak arus balik Lebaran 2023.

"Perlu dilakukan langkah-langkah dan upaya untuk melakukan rekayasa, khususnya dari jajaran kepolisian untuk pengaturan (lalu lintas), baik di jalur tol maupun di jalur arteri," kata Sigit, dikutip dari Antara, Minggu (23/4).

Ia menjelaskan, sejumlah rekayasa lalu lintas yang dipersiapkan tersebut adalah one way dan contraflow. Selain itu, sistem ganjil genap juga kemungkinan akan diberlakukan.

Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...