Kiprah Politik Sandiaga, Tinggalkan Gerindra Usai Moncer di Pilkada

Ade Rosman
24 April 2023, 10:51
Sandiaga Uno Tinggalkan Gerindra
Katadata / Wahyu Dwi Jayanto
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (13/11/2022)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno secara resmi pamit dari Partai Gerindra pada Minggu (23/4). Kepastian tersebut disampaikan Sandi melalui surat yang dititipkan melalui Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. 

Menurut Sufmi, surat pengunduran diri akan diserahkan dan dibaca langsung oleh Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Ia menyebut Gerindra mempersilakan Sandiaga menentukan pilihan politik dalam menghadapi pemilu dan pilpres 2024. 

"Selanjutnya, Pak Sandi akan menempuh atau menjalani tugas-tugas baru di tempat lain," ujar Sufmi. 

Kiprah Politik Sandiaga Uno

Di Partai Gerindra, Sandiaga sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina. Ia memulai pelabuhannya dalam dunia politik pada 2015 lalu. Bidikan pertamanya untuk meraih posisi pemimpin DKI Jakarta. 

Pada pilkada DKI Jakarta 2017 ia berpasangan dengan Anies Baswedan yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Keduanya ditetapkan sebagai calon Gubernur dan wakil Gubernur terpilih periode 2017-2022 usai mengalahkan pasangan incumbent Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat dan Agus Harimurti Yudhoyono bersama Sylviana Murni.

Belum genap dua tahun menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta pasangan Anies, Sandi memutuskan untuk melenggang dalam kontestasi lainnya. Menjadi calon wakil presiden pendamping Prabowo, Sandi melaju sebagai salah satu kandidat pemilu 2019 lalu.

Pada saat itu, Prabowo meminta Sandi untuk mundur dari jabatannya sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, karena, Kata Prabowo, agar dapat diterima oleh parpol koalisi pendukung lainnya. Pasalnya, kala itu keduanya baik Sandi maupun Prabowo merupakan bagian dari Gerindra. Adapun hasil akhir pada Pemilu 2019, pasangan Prabowo-Sandi kalah dari pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...