Arus Balik, Jasa Marga Diskon Tarif Tol Semarang - Jakarta hingga 20%

Ira Guslina Sufa
24 April 2023, 11:35
Jasa Marga arus balik
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/rwa.
Sejumlah kendaraan melintas di Tol Batang-Semarang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jumat (21/4/2023).

 

PT Jasa Marga memberikan diskon tarif sebesar 20 persen untuk kendaraan yang melakukan perjalanan dari Semarang sampai Jakarta. Masa diskon berlaku pada periode arus balik lebaran mulai 27 hingga 29 April 2023.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana mengatakan diskon hanya berlaku untuk perjalanan panjang. Diskon dimulai di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang dan berakhir di GT Cikampek Utama.

"Potongan diskon akan dilakukan di GT Cikampek Utama, khusus untuk kendaraan yang masuk dari Semarang," kata Lisye.

Adapun pemberian diskon akan mulai berlaku pada 27 April pukul 06.00 WIB. Tarif diskon akan berakhir pada 29 April pukul 06.00 WIB. 

Menurut Lisye dengan besaran diskon tersebut maka kendaraan golongan I dikenakan tarif dari Rp 372 ribu menjadi Rp 297 ribu. Sedangkan kendaraan golongan II dan III dari Rp 575 ribu menjadi Rp 499 ribu. 

Lisye mengatakan pemberian diskon merupakan strategi Jasa Marga untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas saat arus balik. Dengan begitu diharapkan pemudik yang ingin balik ke Jakarta tidak terkonsentrasi pada hari tertentu saja. 

"Untuk menghindari penumpukan kendaraan pada satu hari tertentu saat saat arus balik," kata Lisye. 

Puncak arus balik sendiri diperkirakan terjadi dalam dua gelombang yakni pada 24 sampai 25 April dan 30 April hingga 1 Mei.

Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...