Suhu Air Laut Sentuh Rekor Tertinggi, Dampak El Nino Mengkhawatirkan

Rezza Aji Pratama
27 April 2023, 12:06
El nino
ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/rwa.
Sejumlah pengunjung bersnorkeling di objek wisata Taman Laut Olele, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Minggu (12/3/2023).

Para ilmuwan mendeteksi anomali suhu permukaan laut yang kian memanas hingga mencapai rekor baru. Ini memicu kekhawatiran baru bahwa krisis iklim akan datang lebih cepat dari yang diperkirakan.

Seperti dilansir dari The Guardian, pantauan satelit US National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menunjukkan suhu permukaan air laut mencapai 21,1 derajat celcius. Ini merupakan rekor tertinggi bahkan sejak 1981.  

Peneliti British Antarctic Survey, Mike Meredith mengatakan dunia akan mengalami El Nino, fenomena pemanasan suhu air laut di Samudra Pasifik yang akan mempengaruhi iklim global. Namun, hingga saat ini siklus El Nino belum terbentuk sehingga suhu tinggi yang dideteksi oleh NOAA tidak dapat dijelaskan penyebabnya. 

“Ini membuat para ilmuwan kebingungan. Fakta bahwa itu semakin memanas adalah kejutan yang nyata dan sangat memprihatinkan,” kata Meredith. 

Pemanasan suhu permukaan laut patut menjadi perhatian karena sejumlah alasan. Pertama, air laut yang menghangat akan mempercepat lapisan es di kutub. Selain itu, hal tersebut juga akan mempengaruhi ekosistem dan biodiversitas di lautan. Salah satunya bisa menyebabkan terumbu karang mengalami pemutihan atau bleaching.  

Pada Rabu (26/4), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan telah mewanti-wanti semua pihak untuk bersiap menghadapi El Nino yang diprediksi akan terjadi pada Agustus tahun ini. 

Luhut menyebut berdasarkan pengalaman tahun 2015 yang terjadi di Indonesia, El Nino berpotensi menyebabkan dampak kekeringan yang luas serta kebakaran hutan dan lahan. Hal ini akan berdampak pada turunnya produksi pertanian dan pertambangan hingga kontribusinya terhadap inflasi.

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...