Dokter Sebut Layanan RS Aman Meski Gelar Aksi Tolak RUU Kesehatan

Ameidyo Daud Nasution
8 Mei 2023, 17:57
Demonstrasi menolak RUU Kesehatan di Jakarta, Senin (8/5). Foto: Antara.
Antara
Demonstrasi menolak RUU Kesehatan di Jakarta, Senin (8/5). Foto: Antara.

Ribuan tenaga kesehatan hari ini menggelar aksi untuk menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan. Acara ini dihadiri sejumlah organisasi nakes seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

Juru Bicara Aksi Nasional Stop RUU Kesehatan, Beni Satria mengatakan aksi diikuti 11 ribu nakes dari berbagai daerah. Sedangkan demonstrasi digelar dari 08.00 hingga 12.00 WIB di Patung Kuda, Jakarta Pusat.

"Kami hadir untuk memberikan dampak kepada masyarakat dan pembuat kebijakan," kata Beni di Jakarta, Senin (8/5) dikutip dari Antara. 

Aksi tersebut menyoroti proses pembuatan RUU Kesehatan yang dianggap terburu-buru dan tak memperhatikan masukan organisasi profesi. Tenaga kesehatan sebelumnya memberikan masukan soal jaminan perlindungan dan kepastian hukum bagi mereka di tengah situasi kritis.

Pengurus Besar IDI juga mengatakan layanan kesehatan tetap berjalan meski ada demonstrasi. Dokter yang hadir disebut telah mendapatkan izin dari kepala rumah sakit.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...