Jokowi Resmi Buka KTT ASEAN, Minta Asia Tenggara Kompak dan Bersatu

Ameidyo Daud Nasution
10 Mei 2023, 07:54
Presiden Joko Widodo bersama pemimpin ASEAN di Labuan Bajo, NTT, Rabu (10/5). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo bersama pemimpin ASEAN di Labuan Bajo, NTT, Rabu (10/5). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden

Pemimpin negara-negara Asia Tenggara telah hadir di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur dalam acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42. Saat ini Presiden Joko Widodo telah membuka acara tersebut.

Dalam sambutannya, Jokowi berharap ASEAN menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dunia. Oleh sebab itu, ia meminta seluruh negara Asia Tenggara bisa menunjukkan persatuan.

"Dengan ini saya nyatakan KTT ASEAN ke-42 resmi dibuka," kata Jokowi di Hotel Hotel Meruorah Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Para pemimpin ASEAN tiba dengan kawalan dan menggunakan kendaraan listrik berwarna putih dengan merek BMW. Mereka disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi.

Sejumlah pemimpin yang hadir adalah Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, PM Singapura Lee Hsien Loong, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr, PM Vietnam Pham Minh Chinh, PM Kamboja Hun Sen, PM Laos Sonexay Siphandone, dan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah. Hadir pula PM Timor Leste Taur Matan Ruak dengan status observer.

Sedangkan PM Thailand Prayuth Chan-O-Cha tak hadir karena sedang Pemilu di negaranya. Adapun, junta militer Myanmar tak diundang dalam KTT ASEAN.

Jokowi bersama seluruh pemimpin yang hadir lalu berfoto di dermaga yang ada di Hotel Meruorah. Setelah itu agenda pembukaan KTT ASEAN dimulai. 

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dalam keterangannya di Hotel Bintang Flores pada Minggu (7/5), mengatakan bahwa KTT ASEAN ke-42 akan dihadiri oleh delapan pemimpin negara ASEAN, Sekretaris Jenderal ASEAN, dan PM Timor-Leste.


Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...