Prabowo dan SBY Bakal Bertemu, AHY Sebut Demokrat Buka Kans Kolaborasi

Ade Rosman
15 Mei 2023, 09:02
Prabowo bertemu SBY
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) berjalan meninggalkan ruangan usai Kongres V Partai Demokrat di Jakarta, Minggu (15/3/2020).

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan dalam dua minggu terakhir Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan komunikasi intens dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Menurut AHY, kedua figur tersebut pun berencana untuk saling bertemu secara langsung.

"Ada saling komunikasi. Kami mendengar ada niat dari Pak Prabowo untuk bersilaturahmi dengan Pak SBY," kata AHY di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat, Minggu (14/5).

Menurut AHY secara prinsip Partai Demokrat sangat membuka diri menyambut kedatangan Prabowo. Meski begitu, dia menyebut belum ada kesepakatan kapan pertemuan akan dilakukan. AHY menjelaskan baik Demokrat maupun Gerindra tengah mencari waktu yang tepat. 

Di tengah rencana pertemuan tersebut, AHY memastikan Partai Demokrat tetap kukuh berada di Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Koalisi Perubahan telah bersepakat mengusung Anies Baswedan sebagai bakalan calon presiden 2024 bersama Partai Nasional Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Di sisi lain AHY mengatakan meski telah berada di koalisi perubahan, partainya tidak menutup diri untuk berkolaborasi dengan Gerindra. Menurut AHY, saat ini konstelasi politik masih sangat cair sehingga segala kemungkinan bisa saja terjadi.

Waktu yang Tepat

Senada dengan AHY, sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani sebelumnya mengatakan rencana pertemuan tersebut akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Namun, Muzani menyebut pertemuan terhalang jadwal masing-masing yang sangat padat.

"Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama Pak Prabowo dan Pak SBY bisa bertemu," kata Muzani di KPU RI, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5).

Sebelumnya, SBY telah dikunjungi dua Ketua Umum partai politik parlemen lainnya yaitu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Menurut AHY, dalam pertemuan tersebut membahas mengenai peta politik dan simulasi gambaran yang akan terjadi pada 2024.

"Dalam pertemuan-pertemuan tersebut kami terus membuka komunikasi dan membahas kira-kira petanya seperti apa, simulasinya bagaimana," ujar AHY. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...