Pilpres Turki Masuk Putaran Kedua, Kans Erdogan Menang Tetap Besar

Ameidyo Daud Nasution
16 Mei 2023, 12:30
erdogan, sinan ogan, turki
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra/nym.
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan keterangan kepada wartawan dalam konferensi pers KTT G20 di Media Center, BICC, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (16/11/2022).

Recep Tayyip Erdogan gagal memenangkan Pemilihan Presiden Turki dalam satu putaran. Ia harus berhadapan lagi dengan rivalnya yakni Kemal Kilicdaroglu dalam putaran kedua pada 28 Mei mendatang.

Meski demikian, Erdogan masih berpeluang besar memenangkan Pilpres Turki karena hanya terpaut tipis dari ambang batas mayoritas 50% suara. Dalam putaran pertama, Erdogan berhasil mendapatkan 49,4% suara, sedangkan Kilicdaroglu hanya meraup 45% suara.

Untuk melapangkan jalan, Erdogan saat ini tengah membuka pembicaraan dengan kandidat yang telah tersingkir pada putaran pertama yakni Sinan Ogan. Ogan merupakan capres independen yang berhasil mengumpulkan 5,2% suara pada putaran awal.

"Peluang kami di putaran kedua sangat tinggi. Ogan menjadi kuncinya," kata seorang pejabat tinggi dari Partai Keadilan dan Pembangunan yang dipimpin Erdogan seperti dikutip dari Reuters, Selasa (16/5).

Kondisi berbeda dialami kubu Kilicdaroglu yang  tak menyangka hanya mendapatkan 45% suara, di bawah ekspektasi awal. Aliansi oposisi yang berisi enam partai politik ternyata tak berhasil menarik pemilih nasionalis.

"Kilicdaroglu perlu merestrukturisasi strateginya," kata seorang petinggi dari aliansi partai oposisi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...