Sambut FIBA World Cup 2023, Konstruksi Indonesia Arena Telah Rampung

Andi M. Arief
30 Juni 2023, 11:05
Sambut FIBA World Cup 2023, Konstruksi Indonesia Arena Telah Rampung
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Foto udara proyek pembangunan Indoor Multifunction Stadium di Kompleks GBK, Senayan, Jakarta, Selasa (27/9/2022). Pembangunan stadion seluas 30.720 meter persegi dengan kapasitas pengunjung sebanyak 16.500 orang dengan anggaran Rp 639,1 miliar tersebut ditargetkan rampung pada Juni 2023 untuk mendukung pelaksanaan Piala Dunia Basket (FIBA) 2023 mendatang.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan konstruksi Indoor Multifunction Stadium (IMS) atau Indonesia Arena di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK). Stadion multifungsi tersebut telah diserahkan kepada Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno bulan ini.

Direktur Prasarana Strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Essy Asiah mengatakan, Indonesia Arena dibangun untuk menyambut Piala Dunia Bola Basket pada 25 Agustus hingga 10 September 2023. Indonesia menjadi tuan rumah bersama Jepang dan Filipina.

"Kita belum memiliki bangunan yang representatif untuk penyelenggaraan acara kelas dunia. Sehingga IMS dibangun sebagai fasilitas sarana multifungsi indoor yang terbesar di Indonesia,” kata Essy dalam keterangan resmi, Jumat (30/6).

Pemerintah memutuskan untuk membangun Indonesia Arena untuk memenuhi batas minimal kapasitas penonton piala dunia FIBA 2023 sebanyak 8.000 orang. Sementara itu, stadion dalam ruangan terbesar di GBK adalah Istora Senayan dengan kapasitas 7.500 orang.

Adapun kapasitas maksimum Indonesia Arena akan mencapai 16.523 orang yang terbagi dalam lima lantai dan satu lantai atap. Indonesia Arena memiliki satu lapangan utama dan dua lapangan latihan.

Essy mengaku FIBA awalnya sempat pesimistis dengan rencana pembangunan Indonesia Arena. Namun menurutnya, Indonesia Arena telah menjadi salah satu stadion dalam ruangan yang diakui oleh FIBA tahun ini.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...