9 Strategi Mentan Hadapi El Nino, 70% Lahan Pertanian Bisa Terdampak

Nadya Zahira
4 Juli 2023, 15:30
Sejumlah bocah melintas di area persawahan yang mengering di Desa Pajukukang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Minggu (25/6/2023).
ANTARA FOTO/Arnas Padda/foc.
Sejumlah bocah melintas di area persawahan yang mengering di Desa Pajukukang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Minggu (25/6/2023).

Fenomena El Nino berpotensi berdampak pada 70% lahan pertanian di Indonesia. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyiapkan strategi untuk meminimalisir dampak El Nino tersebut terhadap ketahanan pangan Indonesia.

Syahrul mengatakan, pemerintah berupaya untuk mengatasi dampak dari El Nino yang menyerang seluruh dunia. Sebagai informasi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memprediksi El Nino akan terjadi pada Semester II-2023, dan puncaknya pada Agustus 2023. 

"Dunia memang tidak sedang baik-baik saja, karena El-Nino menyerang semua dunia dan menghajar lebih dari 70% lahan-lahan pertanian yang ada. Haruskah kita menyerah? Tidak," ujar Syahrul dalam acara Forum Diskusi yang disiarkan scara daring, Selasa (4/7).

Dia mengatakan, El nino sebenarnya bukan hal yang baru. Saat menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan pada 2015, Syahrul pernah menghadapi El Nino yang lebih ekstrem.

Berikut 9 strategi Mentan hadapi El Nino:

1. Pemetaan lokasi terdampak kekeringan

Syahrul meminta agar Perhimpunan Meteorologi Pertanian Indonesia bisa mengidentifikasi lokasi yang terdampak kekeringan akibat El Nino. Lokasi tersebut kemudian dipetakan dan dikelompokkan menjadi daerah merah, kuning, dan hijau.

Syahrul mengatakan, idetifikasi daerah kekeringan tersebut diperlukan sehingga pemerintah pusat maupun daerah bisa mengantisipasi lebih cepat.

2. Percepatan tanam

Menurut Syahrul, percepatan tanam perlu dilakukan untuk mengejar sisa curah hujan. Percepatan tanam terutama dilakukan untuk daerah hijau.

3. Penyediaan alat dan mesin pertanian untuk percepatan tanam

4. Meningkatkan ketersediaan air

Syahrul mengatakan, ketersediaan air bisa ditambah dengan membangun atau memperbaiki embung, parit, sumur dalam, sumur resapan, rehabilitasi jaringan irigasi tersier, serta pompanisasi.

5. Penyediaan benih tahan kekeringan dan Organisme Pengganggu Tumbuhan atau OPT

El Nino berdampak pada kekeringan lahan. Selain itu, El Nino menimbulkan iklim panas yang menyebabkan OPT tumbuh lebih subur. Benih yang tahan kekeringan dan OPT akan membantu daya tahan tanaman pangan.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...