Setop Sewa, Pertamina Buka Opsi Pindahkan Kantor Pusat ke Balikpapan

Ira Guslina Sufa
11 Juli 2023, 21:00
Gedung Pertamina di kawasan Jakarta Pusat (09/08).
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Gedung Pertamina di kawasan Jakarta Pusat (09/08).

PT Pertamina (Persero) berencana memindahkan kantor pusat dari kawasan Gambir Jakarta ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama mengatakan pemindahan seluruh kantor pusat Balikpapan agar berdekatan dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan mendukung pembangunan.

“Presiden kan inginnya ada pemerataan pembangunan. Jadi kira-kira nanti Jakarta itu hanya kantor perwakilan,” ujar Basuki seperti dikutip dari Antara, Selasa (11/7). 

Menurut Basuki untuk tahap awal pemindahan kantor ke Balikpapan bisa diawali dengan PT Kilang Pertamina dan PT Pertamina Hulu Energi. Sebelumnya pada Senin (10/7) sore Basuki telah bertemu dengan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud di Balai Kota.

Saat ini di Balikpapan Pertamina sudah memiliki sejumlah kantor. Dari industri hulu migas antara lain ada PT Pertamina Hulu Mahakam, PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur. Dari industri hilir migas ada PT Kilang Pertamina Balikpapan, Pertamina Gas (Pertagas), Pertamina Patra Niaga, hingga Pertamina Shipping.

Di Balikpapan Pertamina juga memiliki kawasan perumahan dan apartemen. Aset itu juga dilengkapi dengan berbagai sarana olahraga seperti lapangan tenis, lapangan basket, kolam renang, hingga lapangan golf.

Selain itu juga ada stadion Parikesit yang legendaris di kalangan pecinta sepakbola karena menjadi markas klub Persiba. Stadion ini sudah tinggal kenangan karena sudah diruntuhkan dan di atas lahannya dibangun bengkel kerja untuk kilang yang baru.

Sewa Kantor

Lebih jauh Basuki mengatakan pemindahan kantor pusat ke Balikpapan juga punya nilai strategis. Menurut dia selama ini kantor pusat Pertamina di Jakarta merupakan sewa dan bukan gedung sendiri. 

Kantor pusat Pertamina di Kawasan Gambir berada di atas tanah seluas 92 ribu meter persegi. Adapun nilai sewa yang harus dibayar setiap tahun menurut Basuki mencapai Rp 328 miliar. 

“Jadi, juga tidak murah. Bayangkan kalau 92 ribu meter persegi itu kami  bangun di Balikpapan, Kaltim, ini sesuatu yang akan memeratakan,” ujar Basuki. 

Dia menjelaskan bila jadi dipindah nantinya kantor Pertamina di Balikpapan akan dibangun di pesisir Teluk Balikpapan. Ia yakin pemindahan kantor akan berjalan lancar sejalan dengan banyaknya kegiatan Pertamina di daerah Balikpapan. 

Basuki pun mengatakan pemindahan kantor pusat juga akan diikuti dengan pemindahan pangkalan Pelita Air Service yang merupakan  maskapai penerbangan milik Pertamina. Salah satu layanan Pelita adalah angkutan kargo, di antaranya kargo BBM ke kota terpencil di perbatasan.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...