Kronologi Riuh hingga Ancaman Tembak Usai Airlangga Diperiksa Kejagung

Ade Rosman
25 Juli 2023, 12:46
menko Airlangga menjalani pemeriksaan di kejagung
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memasuki mobil usai mengikuti rapat terbatas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/7/2023).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto diperiksa oleh Kejaksaan Agung  pada Senin (24/7). Airlangga diperiksa sebagai saksi terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam pemberian fasilitas ekspor crude palm oil atau CPO dan turunannya pada industri kelapa sawit dalam Januari sampai dengan April 2022.

Ketua Umum Partai Golkar itu diperiksa selama kurang lebih 12 jam dan dicecar pertanyaan oleh penyidik. Usai pemeriksaan Airlangga tak banyak bicara. Ia hanya mengaku telah memberikan jawaban yang dibutuhkan oleh penyidik. 

"Saya telah menjawab 46 pertanyaan dan mudah-mudahan jawaban sudah dijawab dengan sebaik-baiknya," kata Airlangga dalam konferensi pers di Gedung Bundar Jampidsus Kejagung, Jakarta Selatan.

Kericuhan pun muncul ketika Airlangga menuju mobil yang telah menunggunya. Ia bergerak menuju mobil usai memberikan keterangan pers singkat tanpa menjelaskan materi pemeriksaan. 

Beberapa penjaganya yang telah siap ketika Airlangga masih memberikan keterangan langsung membentuk blokade dan membawa Airlangga menuju mobil. Awak media yang telah menungu selama 12 jam pun langsung mengerumuni Airlangga untuk mendapatkan gambar. 

Airlangga tak berhenti meski dicegat wartawan. Ia menerobos kerumunan menuju mobil yang telah disiapkan. Ketika itu berlangsung, sembari berjalan, pengawal Airlangga meminta awak media untuk membuka jalan.

Namun, tiba-tiba terdengar suara bernada tinggi yang meneriakkan untuk membuka jalan. Bahkan terdapat kata-kata ancaman akan menembak jika tak dibukakan jalan. Suara itu diduga berasal dari pengawal Airlangga.

“Woy, buka jalan woy! Buka jalan! Gue tembak! Tembak lo!” kalimat yang diucapkan diikuti umpatan lainnya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...