Temui Muhaimin dan Airlangga, Puan Tawarkan Kesepakatan Hadapi Pilpres

Ira Guslina Sufa
27 Juli 2023, 15:55
Puan ajak PKB gabung koalisi hadapi pilpres
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ketua Bidang Politik dan Keamanan PDI Perjuangan Puan Maharani (kanan) berbincang dengan Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto (kiri) saat Rapat Konsolidasi Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Selatan di Palembang, Jumat (3/3/2023).

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Said Abdullah optimistis pertemuan Puan Maharani dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Abdul Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto akan menghasilkan kesepakatan penting. Puan menemui Muhaimin dan Airlangga dalam kesempatan terpisah pada Kamis (27/7). 

"Pertemuan Mbak Puan dengan Bapak Airlangga dan Gus Muhaimin nanti optimis dapat melahirkan kesepakatan penting, meskipun tidak semua kesepakatan itu nantinya bisa kami sampaikan kepada publik," kata Said seperti dikutip dari keterangan resmi. 

Said menjelaskan kesepakatan yang diharapkan terbangun antara PDIP bersama PKB dan Golkar akan dirumuskan dengan niat baik menjaga stabilitas politik. PDIP kata dia ingin adanya keberlanjutan pembangunan dalam pergantian kepemimpinan nasional. 

Selain itu ia juga berharap hubungan baik yang sudah terjalin antara PDIP dengan PKB dan Golkar dapat berlanjut. Menurut Said PDIP telah bersama-sama Partai Golkar dan PKB selama hampir 10 tahun di dalam pemerintahan Presiden RI Joko Widodo.

Tak hanya itu, Said mengatakan PKB dan Golkar telah bekerja sama di parlemen. Said menilai pula kecocokan PDI Perjuangan bersama Partai Golkar dan PKB mudah terbangun lantaran adanya kedekatan kultural antara basis tokoh-tokoh penting dari ketiga partai tersebut.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...