Jokowi Ajak Investor Cina Bangun Industri Mobil Listrik dan EBT

Andi M. Arief
28 Juli 2023, 14:54
jokowi, cina, ikn, ebt
Biro Pers Sekretariat Presiden / Rusman
Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo dan delegasi terbatas melakukan kunjungan kerja ke Chengdu, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) pada Kamis, 27 Juli 2023.

Presiden Joko Widodo mengajak investor Cina untuk berinvestasi di industri ekosistem kendaraan listrik dan energi baru terbarukan. Hal tersebut disampaikan Jokowi di depan para pengusaha Cina di Chengdu, Jumat (28/7).

Jokowi mengatakan investasi di industri ekosistem kendaraan listrik menjadi prioritas pemerintah saat ini. Ekosistem yang dimaksud adalah produksi bahan baku baterai, baterai, hingga mobil listrik hingga jadi.

"Perkiraan kami pada 2035, produksi mobil listrik bisa di atas 1 juta unit per tahun dan untuk kendaraan roda dua listrik 2,4 juta," kata Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Jumat (28/7).

Pada Januari-Mei 2023, total mobil listrik yang telah diproduksi di dalam negeri mencapai 17.247 unit. Meski demikian, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyatakan kapasitas produksi kendaraan listrik per tahun di dalam negeri masih rendah.

Ini karena kapasitas produksi bus listrik hanya 2.480 unit, mobil listrik sejumlah 29.000 unit, dan sepeda motor listrik sebanyak 1,42 juta unit.

Jokowi mengajak para investor untuk masuk dalam industri energi hijau atau EBT. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mencatat potensi EBT di dalam negeri mencapai 434.000 megawatt (MW).

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...