Mantan Sekjen Golkar Kritik Akrobat Politik Airlangga Jelang Pilpres

Ira Guslina Sufa
2 Agustus 2023, 13:47
Golkar
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/nz
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) berfoto dengan jajaran ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Provinsi se-Indonesia saat melakukan pertemuan di kawasan Nusa Dua, Badung, Bali, Minggu (30/7/2023).

Politikus Partai Golkar Idrus Marham mengkritik langkah politik yang dilakukan partai berlambang beringin itu menjelang pemilihan presiden 2024 mendatang. Ia menyebut sikap politik Airlangga cenderung sebagai akrobatik dalam politik.

Pernyataan itu disampaikan Idrus menanggapi dua manuver yang ditunjukkan Golkar dalam beberapa waktu terakhir. "Saya ingin mengatakan bahwa langkah-langkah politik yang dilakukan DPP hari ini yang dipimpin oleh Airlangga Hartarto itu cenderung sebagai akrobatik politik," kata Idrus di Kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (2/8).

Pada Kamis (27/7) lalu, rombongan PDIP yang dipimpin Ketua DPP Puan Maharani menyambangi kediaman Airlangga di Jakarta Selatan. Keduanya bersepakat untuk membangun tim teknis. Idrus menilai, pertemuan itu menandakan awal adanya kerja sama politik antara Golkar dan PDIP untuk menghadapi Pemilu 2024 terutama Pilpres.

Kemudian, beberapa hari setelahnya, Airlangga mengadakan pertemuan dengan DPD se-Indonesia. Pada pertemuan itu, beberapa DPD disebut menyampaikan aspirasi untuk menjalin kerjasama dengan Partai Gerindra.

Idrus menilai langkah Airlangga terkesan tidak tegas. Sikap itu menurut dia justru menimbulkan keraguan di barisan kader partai. 

“Kalau ingin garis lurus mestinya kan apa yang dibicarakan bersama dengan Puan itu dimatangkan di sana sebagai masukkan kepada tim teknis, tapi inikan tidak malah ada pernyataan-pernyataan lain," kata Idrus.

Sebelumnya, Idrus melontarkan kritik untuk kepemimpinan Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar. Menurutnya, saat ini partai berlogo pohon beringin itu tidak produktif meskipun terlihat solid.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...