Gibran Pastikan Tak Minat Maju Cawapres: Ilmunya Belum Cukup

Ira Guslina Sufa
3 Agustus 2023, 18:27
Gibran dan Prabowo
Antara FOTO
Gibran dan Prabowo

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyebut tidak berpikir untuk maju menjadi calon wakil presiden pada pemilihan presiden 2024 mendatang. Hal itu disampaikan Gibran menjabat pernyataan salah satu politisi senior dari PDIP Deddy Sitorus yang menilai Gibran tidak secara tegas memberikan sikap penolakan terhadap isu cawapres. Ia mengaku sudah memberikan sikap sejak dulu.

"Sudah saya jawab, umur belum cukup, ilmunya belum cukup, semua belum cukup. Aku kudu piye meneh? (saya harus bagaimana lagi?)," kata Gibran di Solo seperti dikutip dari Antara Kamis (3/8).

Gibran dengan tegas menepis anggapan bahwa ia disiapkan untuk menjadi cawapres dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Saat ditanya mengenai potensi bila ia diusung menjadi cawapres dari partai lain ia pun menjawab diplomatis. 

"Saya fokus di Solo dulu saja. Ya terima kasih, saya fokus di Solo dulu," kata Gibran. 

Munculnya nama Gibran dalam bursa cawapres menjadi buah bibir sejak uji materi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu yang berkaitan dengan syarat minimal usia capres dan cawapres bergulir di DPR. Uji Materi itu meminta syarat usia capres diturunkan dari 40 tahun menjadi 35 tahun.

Uji materi yang diajukan oleh Partai Solidaritas Indonesia itu disebut-sebut menjadi jalan untuk memuluskan langkah Gibran maju di kontestasi pilpres. Menanggapi anggapan tersebut, Gibran mengatakan ia tak memiliki kepentingan dan tidak terlalu mengikuti perkembangan uji materi yang bergulir.

“Lebih pas pertanyaannya ditujukan kepada yang menggugat. Kemungkinan yang berkeinginan yang menggugat. Jangan semua saya yang dicurigai, saya tidak melakukan apa-apa," ujar Gibran. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...