Hari Libur di Jakarta, Tetap Berpolusi Kalahkan India dan Cina

Aditya Widya Putri
13 Agustus 2023, 12:32
Suasana gedung-gedung bertingkat yang tertutup oleh kabut polusi di Jakarta, Selasa (25/7/2023). Berdasarkan data IQAir pukul 16.29 WIB, Jakarta tercatat menjadi kota dengan kualitas udara dan polusi terburuk di dunia dengan nilai indeks 168 atau masuk ka
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nym.
Suasana gedung-gedung bertingkat yang tertutup oleh kabut polusi di Jakarta, Selasa (25/7/2023). Berdasarkan data IQAir pukul 16.29 WIB, Jakarta tercatat menjadi kota dengan kualitas udara dan polusi terburuk di dunia dengan nilai indeks 168 atau masuk kategori tidak sehat.

Polusi udara di Indonesia sudah sampai di tingkat memprihatinkan. Bahkan di hari libur saja, polusi di kota paling berpolusi di Indonesia melebihi indeks kota paling berpolusi di dunia. Indonesia juga mengungguli India dan Cina dalam peringkat kota berpolusi.

Data yang diambil dari AQI Air pada Minggu, (13/8) pukul 11.57 waktu setempat menyebut Kuwait sebagai kota paling berpolusi sedunia dengan Indeks kualitas udara (AQI) US sebesar 167. Setelahnya disusul Dubai dengan AQI US 160, Doha, Qatar dengan AQI US 156, dan Johannesburg dengan nilai AQI US 152.

Jakarta berada di urutan ke-8 dalam indeks kota berpolusi sedunia. AQI US Jakarta sebesar 114 mengalahkan Mumbai, India di posisi ke-9 dengan AQI US 111 dan China di posisi ke-10 dengan AQI US 101.

Indeks polusi udara di Jakarta termasuk kategori tidak sehat bagi kelompok sensitif. Polutan utama PM2.5 dalam indeks di hari Minggu mencapai 40.7µg/m³. Konsentrasi PM2.5 di Jakarta saat ini lebih besar 8.1 kali dari nilai panduan kualitas udara tahunan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Sejumlah wilayah di Jakarta yang paling berpolusi adalah Gran Melia Jakarta, Gordi HQ, AHP-Capital Place, Kemang V, dan Kemayoran. Namun jika melihat detai kota paling berpolusi di Indonesia, Jakarta bahkan tak masuk dalam urutan 10 besar.

Peringkat paling wahid diambil oleh Terentang, Kalbar dengan AQI US 180. Tingkat polusi ini melangkahi Kuwait sebagai kota paling berpolusi sedunia. Urutan kedua ada Mempawah, Kalbar dengan AQI US 158.

Kemudian tiga kota besar di Banten, yakni Serang, Tangerang, dan Tangerang Selatan secara berurutan menduduki peringkat kota berpolusi di Indonesia ke-3 hingga ke-5.

Serang, Banten memiliki AQI US 145, Tangerang dengan nilai AQI US 134, dan Tang Selatan dengan capaian AQI US 130.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...