Survei Terbaru: Tren Suara Capres Ganjar dan Anies Naik, Prabowo Turun

Ira Guslina Sufa
31 Agustus 2023, 08:43
Survei terbaru capres
Katadata
Foto: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Hasil survei terbaru yang dirilis Lingkaran Survei Indonesia Denny JA mengungkapkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi calon presiden yang paling banyak dipilih. Berdasarkan survei yang digelar 1 - 8 Agustus 2023 Prabowo unggul pada simulasi tiga nama dengan elektabilitas 36,2 persen. 

Adapun tiga nama bakal capres yang digadang-gadang akan maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 adalah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Prabowo diusung Koalisi Indonesia Maju, Ganjar diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Anies dari Koalisi Perubahan dan Persatuan. 

“Prabowo masih paling unggul dibandingkan Ganjar dan Anies. Elektabilitas Prabowo di angka 36,2 persen, Ganjar 35,8 persen, dan Anies 19,7 persen,” kata Peneliti LSI Denny JA Ade Mulyana dalam keterangan tertulis yang dikutip Kamis (31/8). 

Menurut Ade hasil survei kali ini tidak jauh berbeda terjadi sejak bulan Januari 2023. Pada Januari, Prabowo meraih elektabilitas 25,4 persen. Meski begitu dibanding survei Juli 2023 elektabilitas Prabowo mengalami penurunan. Pada survei Juli Prabowo meraih 38,2 persen suara. 

Berbeda dengan Prabowo Elektabilitas Ganjar mengalami penurunan dibanding Januari 2023 yang meraih 37,8 persen. Meski begitu tren suara Ganjar mengalami kenaikan dalam tiga bulan terakhir. Pada survei Juni Ganjar memperoleh 32,7 persen dan survei Juli berada pada 35,2 persen. 

Adapun Anies mengalami penurunan dari survei Januari 2023 yang meraih 22,1 persen. Namun bila dibanding survei Juli 2024 suara Anies mengalami kenaikan. Pada Juli 2023 elektabilitas Anies berada di angka 18,4 persen dan naik menjadi 19,7 persen pada survei Agustus 2023.

Survei LSI Denny JA kali ini menggunakan multistage random sampling dengan jumlah responden 1.200 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner dan margin of error +/- 2,9 persen. Selain survei dengan metode kuantitatif, LSI Denny JA memperkaya informasi dan analisa dengan metode kualitatif berupa wawancara mendalam dan diskusi kelompok terpumpun. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...