Mahfud Ungkap Pembicaraan Saat Bertemu Ganjar, Bahas Soal Cawapres?

Muhamad Fajar Riyandanu
11 September 2023, 18:01
Mahfud MD
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.
Menkopolhukam Mahfud MD memberikan keterangan kepada media di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (4/7/2023).

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD membenarkan telah bertemu dengan mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Menurut Mahfud dalam pertemuan yang berlangsung Minggu (10/9) itu ia dan Ganjar membahas sejumlah hal. 

Pertemuan antara Ganjar dan Mahfud ramai diperbincangkan setelah calon presiden yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu mengunggah peristiwa terbaru di akun media sosial miliknya. Di akun @ganjar_pranowo, Ganjar melengkapi unggahan foto itu dengan deskripsi singkat "Ngopi bareng beliau bikin sore makin asyik. Terima kasih ya, Prof @mohmahfudmd.”

Menurut Mahfud pertemuan dengan Ganjar tidak menyinggung soal kontestasi menjelang pemilihan presiden 2024. "Kami tidak bicara soal capres dan cawapres. Kami tahu bahwa keputusan itu ada di pimpinan partai," kata Mahfud di Istana Merdeka pada Senin (11/9).

Mahfud melanjutkan, pertemuan dirinya dengan Ganjar hanya berisi dialog dan diskusi tentang isu pemberantasan korupsi. Selain itu mereka berdua juga nostalgia sewaktu keduanya menjadi anggota DPR. Dia pun tak merinci dimana pertemuan tersebut berlangsung. 

"Pertemuannya di satu tempat lah. Ngobrol ringan saja, dia (Ganjar) kan teman saya dulu waktu di DPR," ujar Mahfud.

Pada kesempatan tersebut, Mahfud mengatakan bahwa hak penentuan cawapres Ganjar ditentukan oleh pimpinan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri bersama partai koalisi. Ia menyebut Megawati punya banyak sumber untuk menentukan cawapres. 

Dengan Megawati pun, Mahfud mengaku belum ada pembicaraan tentang dirinya bakal menjadi bakal cawapres untuk mendampingi Ganjar. Mahfud menegaskan tidak perlu pula membahas mengenai bakal cawapres, baik dengan Ganjar, PDI Perjuangan, maupun partai lain. Dia meyakini partai-partai sudah memiliki instrumen lengkap untuk menentukan pasangan bakal capres-cawapres yang akan diusung.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...