Mahfud Serahkan Rekomendasi Tim Reformasi Hukum ke Jokowi, Ini Isinya

Nur Hana Putri Nabila
15 September 2023, 11:05
mahfud, jokowi, reformasi hukum
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/nym.
Menko Polhukam Mahfud MD memberikan paparan saat forum diskusi Keberagaman Menjadi Kekuatan Wujudkan Pemilu Bermartabat di Hotel Pullman Bandung, Jawa Barat, Rabu (13/9/2023).

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyerahkan 150 rekomendasi hasil kerja Tim Percepatan Reformasi Hukum ke Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Bogor, Kamis (14/9).

Rekomendasi tersebut akan menjadi agenda prioritas untuk mempercepat reformasi hukum. Sedangkan rekomendasi yang diserahkan terdiri dari beberapa kelompok kerja.

Kelompok kerja yang dimaksud adalah Reformasi Pengadilan dan Penegakan Hukum; Reformasi Hukum Sektor Agraria dan Sumber Daya Alam; Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi; dan Reformasi Sektor Peraturan Perundang-undangan.

"Disusun dengan memperhatikan masukan dari pertemuan konsulatif dengan 18 pimpinan Kementerian/Lembaga (K/L) terkait dan 32 organisasi masyarkat sipil," tulis keterangan  tertulis Kelompok Kerja Tim Percepatan Reformasi Hukum. 

 Berikut poin-poin rekomendasi yang disampaikan:

Reformasi Hukum Agraria dan Tanah

Dalam sektor reformasi hukum agraria dan sumber daya alam (SDA), Tim Percepatan fokus merekomendasikan pembuatan prosedur Satu Peta. Rekomendasi lainnya adalah pengakuan dan pemulihan hak-hak masyarakat hukum adat, pengesahan RUU Masyarakat Adat hingga perlindungan bagi pembela HAM-lingkungan. 

Tim juga meminta Jokowi untuk membentuk dua Satuan Tugas (Satgas), yakni Satgas Percepatan Penyelesaian Konflik Agraria dan Satgas Pemberantasan Mafia Tanah dan Korupsi SDA.

Halaman:
Reporter: Nur Hana Putri Nabila
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...