Jokowi Bidik Ketahanan Pangan Domestik di Tengah Krisis Pangan Global

Muhamad Fajar Riyandanu
15 September 2023, 11:29
Presiden Joko Widodo saat memberikan orasi ilmiah pada Dies Natalis ke-60 IPB pada Jumat (15/9/2023).
Katadata
Presiden Joko Widodo saat memberikan orasi ilmiah pada Dies Natalis ke-60 IPB pada Jumat (15/9/2023).

Presiden Joko Widodo mengatakan kondisi geopolitik global yang berlangsung saat ini telah menyulut krisis pangan dunia. Kondisi tersebut dipicu oleh ketegangan antara Rusia dan Ukraina yang berdampak pada macetnya pasokan gandum di Eropa, Afrika, hingga Asia.

Kondisi tersebut merembet kepada kebijakan 19 negara yang membatasi ekspor pangan untuk mengamankan cadangan domestik. Satu diantaranya yakni keputusan India untuk menghentikan ekspor beras ke pasar internasional sejak 20 Juli 2023. Jokowi menilai langkah India ikut mengerek harga beras di seluruh dunia.

Departemen Pertanian Amerika Serikat mencatat India menjadi eksportir beras nomor satu dunia dengan penjualan luar negeri 22,5 juta ton pada tahun perdagangan 2022/2023. Penyetopan ekspor beras oleh India dapat mengancam kekosongan seperlima produk beras dunia.

Jokowi menjelaskan konflik bersenjata antara Rusia dan Ukraina yang makin meruncing sejak Februari 2022 berdampak pada penyetopan laju ekspor gandum sebesar 77 juta ton dari Ukraina. Informasi tersebut dia peroleh saat melangsungkan pertemuan selama 2,5 jam dengan Presiden Volodymyr Zelinsky di Istana Mariinsky, Kyiv pada 29 Juni 2022.

"Gandum yang tidak bisa keluar untuk diekspor 77 juta ton. Biasanya itu masuk ke Afrika dan ke Asia namun berhenti karena Pelabuhan Odessa diblok oleh Rusia," kata Jokowi saat memberikan orasi ilmiah pada Dies Natalis ke-60 IPB pada Jumat (15/9).

Jokowi melanjutkan perdagangan gandum dunia kian terpuruk usai Rusia juga menghentikan ekspor sebanyak 130 juta ton. Informasi tersebut dia peroleh usai bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin pada 30 Juni 2022.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...