Pemerintah Siapkan 430 Kendaraan Listrik Dukung KTT AIS Forum di Bali

Ira Guslina Sufa
8 Oktober 2023, 13:55
Tamu negara mulai berdatangan mengikuti KTT AIS Forum di Bali
Katadata
Tamu negara mulai berdatangan mengikuti KTT AIS Forum di Bali

Pemerintah Indonesia menyiapkan sebanyak 430 mobil listrik untuk digunakan selama rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi negara pulau dan kepulauan atau Archipelagic and Island States  (KTT AIS) Forum.   Kepala Bagian Kendaraan, Biro Umum Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg), Masduki mengatakan penyediaan mobil listrik akan berlaku selama KTT AIS pada 10-11 Oktober di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Menurut Masduki, kendaraan ramah lingkungan tersebut terdiri atas empat merek. Adapun rincian terdiri dari 28 unit BMW tipe i7, 236 unit Hyundai (tipe Ioniq 6, 38 unit dan Ioniq 5 sebanyak 198 unit), Toyota tipe bZ4X sebanyak 66 unit dan Wuling Air Ev sebanyak 100 unit.

Ia menjelaskan untuk unit BMW i7 akan dipergunakan sebagai kendaraan Very Very Important Person (VVIP) untuk melayani tamu Kepala Negara. Sedangkan Hyundai Ioniq 6 disiapkan sebagai kendaraan Very Important Person (VIP) dalam rangkaian menteri dan level di bawahnya. Sedangkan para delegasi yang hadir mendampingi kepala negara atau menteri disiapkan kendaraan Toyota bZ4X. 

“Rangkaian ini tidak terlepaskan dan hanya dapat digunakan dari Bandara-Hotel-Venue,” kata Masduki dalam keterangan resmi yang dikutip Minggu (8/10). 

Selain rangkaian VVIP dan VIP, pemerintah juga menyiapkan tiga unit mobil Wuling Air EV untuk operasional masing-masing negara. Penggunaan Wuling Air EV ini diserahkan pada masing masing naradamping atau Liaison Officer (LO), yang serah terimanya telah dilakukan Kemensetneg ke Kementerian Luar Negeri.

 Sebelumnya Panitia penyelenggara KTT AIS Forum juga telah menyiapkan shuttle bus gratis bagi para jurnalis. Fasilitas ini tersedia di  beberapa titik keberangkatan menuju Media Center di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) di Nusa Dua.

Pengadaan shuttle bus bertujuan untuk memudahkan pergerakan jurnalis peliput KTT AIS Forum menuju dan meninggalkan Media Center. Ada dua titik keberangkatan dengan tiga rute. Jurnalis agar memanfaatkan layanan ini untuk menuju Media Center atau kembali ke titik awal. (TR/Elvira Inda Sari)

KTT AIS Forum merupakan wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan sedunia yang bertujuan memperkuat kolaborasi untuk mengatasi permasalahan global. Adapun empat isu yang menjadi prioritas adalah mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim yang baik. 

KTT AIS Forum diadakan untuk menguatkan peran AIS Forum sebagai pusat solusi cerdas dan inovatif. Selain itu juga menjadi platform gotong royong dalam mendorong agenda masa depan tata kelola laut global. 

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...