Pengamat Prediksi Dua Skenario Putusan MK Soal Usia Capres - Cawapres

Ade Rosman
13 Oktober 2023, 10:08
MK
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.
Sejumlah aktivis Greenpeace Indonesia membawa boneka gurita raksasa saat menggelar aksi kampanye tanpa oligarki di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Jumat (6/10/2023).

Pengamat hukum dan tata negara Bivitri Susanti memprediksi dua kemungkinan putusan mengenai uji materi batas usia calon presiden dan calon wakil presiden  yang akan dibacakan hakim Mahkamah Konstitusi pada sidang yang berlangsung Senin (16/10) mendatang. MK dijadwalkan akan membacakan putusan untuk 7 perkara berkaitan dengan uji materiil Pasal 169 huruf q Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu). 

Bivitri memperkirakan pada opsi pertama MK akan menyetujui batas usia capres dan cawapres di bawah 40 tahun menjadi 35 tahun. Kemungkinan kedua, batas usia tetap 40 tahun tetapi ditambahkan frasa ‘atau pernah menduduki jabatan kepala daerah sebelumnya’.

Sebelumnya uji materi soal penurunan usia capres dan cawapres menjadi 35 tahun diajukan oleh Partai Solidaritas Indonesia. Sedangkan usulan penambahan frasa atau pernah menduduki jabatan kepala daerah diajukan oleh Partai Garuda dan politikus Partai Gerindra yang merupakan pendukung Prabowo di pilpres. Adapun koalisi pendukung Prabowo saat ini getol mengusulkan agar Gibran menjadi cawapres. 

Dosen STHI Jentera itu berharap agar MK menyadari risiko politik yang akan dihadapi jika gugatan tersebut dikabulkan. “Saya ingin hakim-hakim MK menyadari risiko politik yang akan mereka hadapi, kalau MK sampai mengabulkan,” ujar Bivitri kepada Katadata.co.id seperti dikutip Jumat (13/10). 

Prediksi itu menurut Bivitri didasarkan pada sejumlah fakta yang berkembang selama perkara bergulir di MK. Ia menyebut terdapat empat indikasi MK akan mengabulkan gugatan soal usia capres dan cawapres. 

Indikasi pertama menurut dia adalah fakta bahwa MK memang telah terbiasa mengeluarkan putusan yang sangat kontroversial seperti putusan mengenai perpanjangan masa jabatan pimpinan KPK. MK juga mengeluarkan putusan menolak uji formil Undang-undang Cipta Kerja. Keputusan itu bahkan juga mendapat penolakan di internal hakim MK yang ditandai dengan adanya dissenting opinion dari hakim. 

“Kontroversial dalam hal argumennya dan didukung oleh dari segi banyaknya hakim yang mengajukan pendapat berbeda itu sangat tipis ya 4 banding 5 biasanya, ada 4 yang punya pendapat  berbeda,” kata Bivitri.

Indikasi kedua menurut dia adalah adanya  benturan kepentingan yang sangat tinggi. Padahal menurut Bivitri sebagai lembaga independen, MK harus terbebas dari benturan kepentingan. Hal itu didasari pada status ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman yang merupakan adik ipar dari presiden Joko Widodo. 

Hubungan keluarga yang dimiliki Anwar Usman kata Bivitri memiliki benturan dengan pihak yang akan diuntungkan langsung saat putusan tersebut keluar. Pasalnya, saat ini satu-satunya kandidat bakal calon wakil presiden yang akan berlaga di Pilpres 2024 dan berusia di bawah 40 tahun hanya Gibran Rakabuming Raka, yang merupakan putra Jokowi.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...