Top News: Sosok Cawapres Ganjar dan Prabowo, TikTok Shop Cari Pegawai

Aryo Widhy Wicaksono
18 Oktober 2023, 05:45
Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Erick Thohir, dan Gibran Rakabuming saat sarapan di Bandara Adi Soemarmo Solo, Senin (24/7). Foto: Instagram Erick Thohir.
Instagram Erick Thohir
Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Erick Thohir, dan Gibran Rakabuming saat sarapan di Bandara Adi Soemarmo Solo, Senin (24/7). Foto: Instagram Erick Thohir.

Setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memberikan keputusan mengenai syarat batas usia calon presiden dan wakil presiden (capres - cawapres), Koalisi Indonesia Maju sebagai pengusung Prabowo Subianto menjadi capres pada Pemilu 2024 mulai konsolidasi untuk menentukan cawapres untuk Prabowo.

Koalisi disebut-sebut telah sepakat mendukung Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres.

Hal ini terlontar dari Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang, Afriansyah Noor. Menurutnya nama putra Presiden Joko Widodo selalu masuk dalam perbincangan para pimpinan partai koalisi.

Kesepatakan koalisi pendukung Prabowo untuk mengusung Gibran menjadi artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id. Selain itu, Top News juga menyajikan isu mengenai sosok cawapres pasangan Ganjar, serta TikTok Shop yang membukat lowongan di Indonesia.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Koalisi Pendukung Prabowo Sepakat Dukung Gibran jadi Cawapres

Koalisi Indonesia Maju yang mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada pemilihan presiden 2024 disebut telah bersepakat untuk mendukung Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden.

Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang, Afriansyah Noor mengungkapkan nama putra Presiden Joko Widodo itu selalu masuk dalam perbincangan para pimpinan partai koalisi.

Beberapa partai menurut Afriansyah dengan terbuka menyebut Gibran sebagai kandidat yang tepat untuk menjadi pendamping Prabowo. PBB juga merupakan salah satu partai yang mengusulkan nama Gibran.

"Potensi, anak muda, dan punya pengalaman kepala daerah, dan kemudian juga beliau juga anaknya memang mampu untuk merangkul semua kekuatan partai politik pendukung Pak Prabowo," kata Afriansyah kepada Katadata.co.id seperti dikutip Selasa (17/10).

2. Megawati Dikabarkan Umumkan Pasangan Capres Ganjar - Mahfud MD

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Ibu Megawati Soekarnoputri rencananya akan mengumumkan bakal calon wakil pendamping Ganjar Pranowo, pada Rabu (18/10). Berdasarkan sumber politisi PDIP, Megawati bakal mengumumkan Menkopolhukam Mahfud MD menjadi bakal cawapres yang akan berlaga di Pemilu 2024.

Jika tidak ada aral melintang, PDIP dan partai koalisinya akan mengumumkan pasangan capres cawapres GP - Mahfud pada Rabu besok, pukul 10.00. "Mahfud," kata politisi di koalisi pendukung Ganjar kepada Katadata.co.id, Selasa (17/10).

Selain Mahfud, kandidat kuat yang bakal mendampingi Ganjar adalah Ridwan Kamil. "Ada internal yang mendorong RK," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...