Daftar ke KPU, Ganjar - Mahfud Naik Mobil Dinas Klasik Milik Soekarno

Ade Rosman
19 Oktober 2023, 09:37
Pendaftaran Ganjar Pranowo dan Mahfud MD ke KPU
Ade Rosman/ Katadata
Pendaftaran Ganjar Pranowo dan Mahfud MD ke KPU

Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo serta Mahfud MD akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta Pusat, Kamis (19/10). Ganjar dan Mahfud menjadi pasangan kedua yang mendaftar ke KPU setelah pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar. 

Ganjar dan Mahfud akan menuju kantor KPU di Jakarta Pusat mengenakan Cadillac Fleetwood 75 Limosin bernomor Polisi B 2847 STQ. Mobil itu dulunya merupakan mobil dinas RI-1 yang digunakan Presiden pertama RI Soekarno.

Rencananya, mereka akan bergerak dari Tugu Proklamasi ke Kantor KPU bersama dengan rombongan massa. Iring-iringan yang terdiri dari parpol pengusung, relawan dan tim pemenangan nasional (TPN) pukul 10.00 WIB.

Pantauan Katadata.co.id di Tugu Proklamasi, mobil tersebut telah terparkir di sekitar lokasi. Mobil dinas terakhir Bung Karno tersebut terlihat dirawat dengan baik, tampak dari cat mobil yang masih mengkilap dan kaca mobil tanpa goresan.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan ketua umum partai pendukung akan berkumpul di Kediaman Mega di Teuku Umar Jakarta Pusat. Mereka bersama berangkat ke KPU untuk mendaftarkan pasangan capres dan cawapres. Adapun pasangan Ganjar - Mahfud berangkat dari Tugu Proklamasi. 

Sebelumnya, pada Rabu (18/10), Mahfud secara resmi diumumkan sebagai bakal calon wakil presiden pendamping Ganjar di Pilpres 2024. KPU telah menetapkan pemilihan presiden akan berlangsung pada Rabu, 14 Februari 2024 bersamaan dengan pemilu legislatif. Adapun jumlah pemilih pada pemilu nanti mencapai 204 juta. 

Pengumuman itu langsung dilakukan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri disaksikan petinggi partai koalisi pendukung Ganjar yang terdiri dari PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura di markas partai banteng, Jakarta Pusat.

"Dengan mengucapkan Bismillahirahmanirrahim, maka calon wakil presiden yang dipilih oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Profesor Doktor Mahfud MD," kata Mega.

Mega mengatakan, Mahfud merupakan sosok intelektual yang mumpuni serta memiliki riwayat bagus. "Saya perhatikan pengetahuan beliau di masalah hukum cocok, sangat penuh dengan pengalaman dan pengetahuan, sosok dengan pengalaman lengkap di lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif," kata Mega. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...