Nasdem Tak Masalah Jokowi Cari Mentan Baru, Termasuk bila Tunjuk AHY

Ade Rosman
24 Oktober 2023, 14:41
nasdem
ANTARA/Putu Indah Savitri
Wakil Sekretaris Jenderal Partai NasDem Hermawi Taslim ketika memberi keterangan kepada wartawan di NasDem Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023). ANTARA/Putu Indah Savitri

Sekretaris Jenderal Partai Nasional Demokrat Hermawi Taslim menyatakan partainya tak mempersoalkan kabar Presiden Joko Widodo akan merombak kabinet atau reshuffle dalam waktu dekat. Menurut Hermawi urusan reshuffle sepenuhnya menjadi otoritas presiden. 

"Itu kewenangan presiden, kami hormati itu, jadi ndak ada hubungannya dengan Nasdem,” kata Hermawi saat dihubungi awak media, Selasa (24/10).

Hermawi tak banyak berkomentar mengenai kabar reshuffle akan dilakukan untuk mengisi posisi Menteri Pertanian. Menurut dia kepentingan Nasdem telah selesai saat Syahrul Yasin Limpo mundur dari posisi Mentan beberapa waktu lalu. 

Ia menyerahkan keputusan mengisi jabatan Mentan kepada Presiden Jokowi. Nasdem juga tak mempersoalkan bila posisi itu diisi oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono seperti kabar yang tersiar. 

Saat ini, kursi pimpinan Kementerian Pertanian dijabat oleh Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi. Ia ditunjuk Presiden Jokowi sebagai pelaksana tugas Menteri Pertanian setelah SYL mundur karena terjerat dugaan korupsi. 

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo menyatakan akan melakukan perombakan Kabinet Indonesia Maju (KIM) dalam waktu dekat. Jokowi mengatakan pada pekan ini akan melantik Menteri Pertanian definitif.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...