Kronologi MK Pilih Suhartoyo Jadi Ketua, Saldi: Hanya 2 Orang Bersedia

Muhamad Fajar Riyandanu
9 November 2023, 14:12
Suhartoyo
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suhartoyo

Rapat Pleno Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) pada Kamis (11/9) sepakat menetapkan hakim Suhartoyo mengisi jabatan ketua menggantikan Anwar Usman. Suhartoyo bakal dilantik dan mulai aktif menjadi Ketua MK mulai Senin (13/11) mendatang.

Wakil Ketua MK Saldi Isra yang memimpin jalannya rapat mengatakan Suhartoyo terpilih melalui proses musyawarah mufakat. Menurut Saldi rapat pemilihan hakim MK dihadiri oleh sembilan hakim konstitusi. 

Saldi bercerita, pada mulanya forum tersebut memberikan kesempatan kepada seluruh hakim untuk memberikan pandangan sekaligus mengusulkan nama calon ketua hakim MK. Usai seluruh hakim konstitusi memberikan suara, kandidat calon ketua MK mengerucut kepada dua nama. 

Dua nama yang muncul pada tahap awal itu adalah  Wakil Ketua MK Saldi Isra dan hakim konstitusi Suhartoyo. Saldi mengatakan, enam hakim konstitusi lainnya  tidak bersedia untuk mengemban amanah sebagai ketua MK. Sedangkan Anwar Usman tidak diizinkan ikut dipilih dalam pemilihan pimpinan.

Saldi menceritakan, hakim konstitusi Arief Hidayat enggan menjadi Ketua MK karena memiliki pandangan dan argumentasi khusus. Sementara hakim lain seperti Manahan Malontinge Pardamean Sitompul dan Wahiduddin Adams akan memasuki masa pensiun di usia 70 tahun. Hakim konstitusi Manahan akan memasuki usia 70 tahun pada 8 Desember 2023. Sementara Wahiduddin Adams bakal berusia 70 tahun pada 17 Januari 2024 mendatang.

“Dan hakim lain merasa dua nama (yang sudah muncul) itu merupakan orang yang bisa menjadi lokomotif dari kepemimpinan kolektif ini ke depannya,” kata Saldi kepada wartawan di Gedung MK Jakarta pada Kamis (9/11).

Usai keduanya diusulkan menjadi ketua MK, Saldi dan Suhartoyo selanjutnya diberikan waktu berdiskusi secara empat mata. Sementara tujuh hakim konstitusi lainnya meninggalkan forum rapat permusyawaratan hakim.  

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...