KPK Periksa Tiga Pejabat Mentan Usut Korupsi yang Seret Syahrul Limpo

Amelia Yesidora
9 November 2023, 15:36
KPK
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom.
Wakil Ketua KPK Johanis Tanak (kiri) didampingi Kepala Bagian Pemberitaan Ali Fikri (kanan) memberikan keterangan pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (11/10/2023).

Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK memanggil tiga orang saksi dari Kementerian Pertanian terkait korupsi yang dilakukan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Ketiga orang ini menjabat di Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian. 

“Hari ini (9/11) bertempat di Gedung Merah Putih KPK, tim penyidik menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan saksi-saksi,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri.

Mereka yang dipanggil KPK adalah Kepala Biro Umum dan Pengadaan Sukim Supandi, kemudian Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Zulkifli. Ada pula Ketua Tim Tata Usaha Menteri dan Wamen Biro Umum dan Pengadaan Sugeng Priyono. 

Sebelumnya KPK telah mencegah Zulkifli dan Sukim Supandi bertolak ke luar negeri sejak awal Oktober lalu. Adapun penetapannya bersamaan dengan tujuh pihak lainnya, antara lain Mentan Syahrul Yasin Limpo, Sekjen Kementan Kasdi Subagyono, hingga cucu Mentan A. Tenri Bilang Radisyah Melati. 

Pencegahan ke luar negeri dilakukan untuk memperlancar proses penyidikan kasus korupsi di Kementan. Pencegahan ini berlaku selama enam bulan hingga April 2024 dan bisa diperpanjang sesuai kebutuhan penyidikan. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...