Prabowo Janji Jaga Wibawa Politik Luar Negeri Jika Menang di Pilpres

Muhamad Fajar Riyandanu
13 November 2023, 17:51
Prabowo Subianto
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto menyampaikan pidato di Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto berjanji akan mengembalikan wibawa politik luar negeri Indonesia sebagai negara yang besar dan berdaulat di mata masyarakat internasional jika dirinya terpilih menjadi presiden pada Pemilu 2024 mendatang. Hal itu disampaikan Prabowo saat menyampaikan orasi pada agenda bertajuk 'Pidato Calon Presiden RI: Arah dan Strategi Politik Luar Negeri', disiarkan Youtube CSIS Indonesia pada Senin (13/11).

Prabowo juga menekankan pentingnya menjalankan strategi diplomasi yang cerdas dan terukur dalam menjamin kebutuhan dan kesatuan negara. Menurut Prabowo, strategi diplomasi luar negeri yang efektif juga dapat menjadi penentu bagi jalannya perekonomian domestik yang stabil.

"Untuk itu, agar perekonomian kita bisa berkembang, kita memerlukan perdamaian dan stabilitas. Kita membutuhkan hubungan baik dengan semua negara," kata Prabowo.

Prabowo juga mengatakan tentang pentingnya menjaga hubungan baik pada seluruh negara agar bisa menjadi peluang untuk mengundang investasi asing. Penanaman modal luar negeri menurut dia dipercaya membuka akses pasar bagi Indonesia untuk menciptakan lapangan kerja baru.

Arah kebijakan pasangan capres cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka terkait kebijakan luar negeri juga telah disampaikan dalam dokumen visi-misi berjudul 'Bersama Indonesia Maju'. Salah satu poin mengenai rencana arah politik luar negeri pasangan Prabowo-Gibran yakni memantapkan supremasi dan kepemimpinan Indonesia di tingkat global di tengah dinamika geopolitik internasional melalui diplomasi yang berdasarkan atas asas bebas-aktif.

Pada forum tersebut, Prabowo mengatakan akan terus mempertahankan tradisi lama yakni menjalankan strategi politik luar negeri yang bebas-aktif. Dia memastikan di bawah kepemimpinannya nanti bila terpilih, strategi politik luar negeri Indonesia tidak akan memihak dan menjadi bagian dari aliansi militer maupun blok tertentu.

"Kami menghormati semua kekuatan besar di dunia. Dunia Barat berperan besar bagi kemanusiaan, di timur ada Tiongkok sebagai peradaban manusia tertua dalam sejarah, begitu juga India dan Rusia telah menjadi teman baik Indonesia," ujar Prabowo.

Prabowo juga menyinggung soal penguatan strategi diplomasi maritim untuk meneguhkan kedaulatan dan meningkatkan keamanan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Prabowo Subianto saat ini berpasangan dengan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka maju di pilpres. Mereka didukung koalisi yang terdiri dari Partai Gerindra, Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang, Gelora, Garuda, dan Prima. Mereka akan berhadapan dengan Ganjar Pranowo - Mahfud MD yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan bersama Partai Persatuan Pembangunan, Hanura, dan Perindo serta Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang didukung Partai Nasional Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Keadilan Sejahtera. 

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...