Survei KIC: Anak Muda Lebih Suka Capres yang Bukan Kader Partai

Amelia Yesidora
14 November 2023, 17:10
survei, anak muda, capres
Katadata
Foto: Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis survei elektabilitas calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

Survei nasional terbaru Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan anak muda cenderung memperhatikan kinerja rekam jejak dan visi-misi serta program dalam memilih capres dan cawapres. Selain itu, anak muda cenderung memilih capres yang tidak berlatar belakang kader partai. 

Survei dilakukan pada 1.005 orang berusia 17 hingga 42 tahun dengan menggunakan platform data collection tSurvey yang memanfaatkan kapabilitas telco data insight. Survei yang dilakukan pada 11 hingga 17 Oktober 2023 ini memiliki toleransi kesalahan 3,1% pada tingkat kepercayaan 95%.

Dari hasil survei, sebanyak 48,2% responden lebih memilih tokoh yang bukan kader partai politik. Sebanyak 23,8% memilih capres yang merupakan kader partai, sedangkan 23,5% memilih menyukai capres yang merupakan ketua partai. 

“Meski capres-cawapres dicalonkan oleh partai politik, sebagian besar responden lebih menyukai tokoh yang bukan kader partai,” kata Manajer Survei Katadata Insight Center Satria Triputra Wisnumurti di Jakarta, Selasa (14/11).

Dalam memilih capres dan cawapres, sebanyak 35,5%) responden memperhatikan jejak rekam, diikuti visi-misi (29,8%), dan kompetensi (12,4%). Latar belakang sebelum menjadi politisi juga menjadi perhatian responden. Sebanyak 25% responden menyukai kandidat yang berasal dari dunia akademik, lalu militer (20,8%), dan aktivis (14,5%). 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...