Anies Kunjungi Pangalengan, Temukan Masalah Petani dengan OJK dan PTPN

Amelia Yesidora
29 November 2023, 15:52
anies, anies baswedan, petani
Katadata
Anies Baswedan saat kunjungan ke Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/11). Foto: Amelia Yesidora.

Calon presiden Anies Baswedan memulai kampanye hari kedua di Pangalengan, Jawa Barat. Di sini, ia berdiskusi dengan petani serta pengolah susu di daerah Bandung Selatan itu. 

“Prioritas kami adalah reformasi tata niaga pangan. Karena produksi pangan kita sesungguhnya baik, tapi tata niaganya harus dikoreksi,” kata Anies pada wartawan di Pangalengan, Rabu (29/11). 

Anies mengatakan ada tiga masalah besar yang petani kol di Pangalengan hadapi. Beberapa adalah langkanya pupuk, buruknya pemanfaatan lahan, dan sulitnya pengajuan kredit. 

Petani di Pangalengan mengaku sulit mencari pupuk, baik subsidi atau tidak. Selaku petani holtikultura, mereka membutuhkan pestisida alias pupuk penghalau serangga. 

Mereka menyampaikan, dulu ada komisi pestisida alias kompes untuk menjaga harga. Tiadanya kompes membuat harga pupuk melonjak hingga 70%. 

Masalah ketiga adalah banyaknya petani Pangalengan yang menyewa lahan PT Perkebunan Nusantara. Menurut mereka, hanya 15%-25% lahan di sana yang dimiliki warga, sisanya milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...