TKN Sebut Gibran Independen karena Tak Bawa Nama Jokowi saat Debat

Andi M. Arief
22 Desember 2023, 23:27
gibran, jokowi, debat
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.
Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka tiba untuk mengikuti debat kedua cawarpres Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Eddy Soeparno menilai Gibran adalah sosok independen yang telah menunjukkan kemampuannya dalam debat cawapres malam ini.

Hal tersebut disampaikan saat menanggapi Gibran yang tidak menyinggung nama Presiden Joko Widodo secara langsung selama debat berlangsung.

Eddy berpendapat Gibran telah menjaga kesantunan dan etika sekitar tiga jam debat berlangsung. Oleh karena itu,  Gibran tidak perlu membawa nama Kepala Negara pada malam ini.

"Gibran adalah sosok yang berdiri sendiri, namun Mas Gibran memberikan apresiasi ke satu orang, yakni Pak Prabowo. Tidak ada orang lain," kata Eddy kepada Katadata.co.id, Jumat (22/12).

Sekretaris Jenderal PAN ini menyampaikan hilirisasi merupakan fokus utama Gibran dalam debat malam ini. Menurutnya, hal tersebut telah menggambarkan visi duet Prabowo-Gibran jika menjuarai Pilpres 2024.

Eddy menjelaskan hilirisasi akan memperkuat perekonomian nasional mengingat dampak nilai tambah program tersebut. "Kita tadinya hanya mengandalkan nilai tambah perekonomian yang kecil dari ekspor bahan mentah," katanya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...