Survei CSIS: Elektabilitas PDIP Masih Nomor Satu, Ditempel Gerindra

Ameidyo Daud Nasution
27 Desember 2023, 16:07
survei, csis, pdip, gerindra
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/Spt.
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berpidato saat pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDI Perjuangan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Centre for Strategic and International Studies (CSIS) merilis hasil survei politik terbaru mereka. Dari hasil penjaringan opini, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih menjadi partai yang terbanyak dipilih oleh para responden.

Persentase responden yang memilih PDIP mencapai 16,4%. Namun, angka ini tak jauh dari elektabilitas Partai Gerindra yang menempel di bawahnya yakni 14,6%.

"PDIP masih di atas, tapi sudah mulai dibuntuti Gerindra," kata Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS Arya Fernandes dalam pemaparan di Jakarta, Rabu (27/12).

Elektabilitas Partai Golkar berada di posisi ketiga dengan jumlah 11,9%. Namun posisi partai beringin ditempel oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan elektabilitas 11,8%.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berada di peringkat lima dengan elektabilitas 9,2%. Di posisi keenam adalah Partai Amanat Nasional (PAN) yang dipilih 5,2% responden.

Partai Demokrat dengan elektabilitas 4,8% menjadi partai terakhir yang dalam survei ini lolos ambang batas parlemen. Selain itu ada 12,3% responden yang belum menyatakan pilihan ataupun tak tahu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...