Pengelola Kawasan: Investigasi Ledakan Smelter Morowali Belum Rampung

Andi M. Arief
28 Desember 2023, 18:18
morowali, smelter morowali, smelter, ledakan smelter
ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi
Deputi Bidang Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves Septian Hario Seto bersama Pj Bupati Morowali Rachmansyah Ismail, Dandim 1311/Morowali Letkol Inf Alzaki, Kapolres Morowali AKBP Suprianto dan jajaran Forkopimda Morowali serta manajemen PT IMIP meninjau langsung lokasi kecelakaan kerja yang terjadi di PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS).

PT Indonesia Morowali Industrial Park atau IMIP menyatakan smelter milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel atau ITSS dapat kembali beroperasi setelah diperbaiki. Namun, proses perbaikan baru dapat dilakukan setelah proses investigasi dalam insiden tersebut rampung dilakukan.

Salah satu tungku di smelter milik ITSS yang sedang dalam proses perbaikan meledak tepat sebelum Natal 2023, Minggu (24/12). Media Relations Head IMIP Dedy Kurniawan mengatakan, insiden tersebut sedang di investigasi tim gabungan.

Dedy mengaku belum bisa memperkirakan waktu pengoperasian kembali smelter yang meledak tersebut. Aparat berwajib melarang personil IMIP untuk memasuki area investigasi lantaran tidak masuk dalam tim gabungan.

"Kami belum tahu tingkat kerusakan akibat ledakan ke smelter karena kami dilarang masuk ke lokasi kejadian sejak musibah itu terjadi. Hanya tim investigasi saja yang boleh masuk ke area tersebut," kata Dedy kepada Katadata.co.id, Kamis (28/12).

Dedy mengatakan, IMIP hanya bisa menunggu hasil investigasi dari tim gabungan yang dipimpin Polda Sulawesi Tengah. Walau demikian, ia memastikan pihaknya akan mendukung investigasi dengan menyediakan transportasi di kawasan IMIP bagi tim gabungan investigasi.

Di sisi lain, ia menyatakan IMIP melakukan prosedur Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan atau K3L di seluruh tenan IMIP. Namun, menurut dia, meledaknya smelter ITSS terjadi saat IMIP tengah mengaudit sistem manajemen K3L yang berlangsung sejak awal bulan ini.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...