Tabrakan Kereta Turangga, Jalur Rel Cicalengka Tidak Dapat Dilalui

Tia Dwitiani Komalasari
5 Januari 2024, 09:11
Kereta Api Turangga tabrakan dengan Kereta Api Commuterline Bandung Raya di Cicalengka Kabupaten Bandung, Jumat (5/1).
Antara
Kereta Api Turangga tabrakan dengan Kereta Api Commuterline Bandung Raya di Cicalengka Kabupaten Bandung, Jumat (5/1).
Button AI Summarize

PT Kereta Api Indonesia (Persero) segera mengevakuasi Kereta Api Turangga dan Kereta Commuter Bandung Raya yang mengalami tabrakan di di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/1) pukul 06.03 WIB. Sejumlah perjalanan kereta lainnya juga terdampak akibat insiden tersebut.

Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus, mengatakan KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi bagi perjalanan kereta api yang melintas di wilayah Haurpugur-Cicalengka.

KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain," ujar Joni melalui keterangannya di Jakarta, Jumat (5/1).

Sementara itu, EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan jalur rel antara Haurpugur-Cicalengka untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut.

"KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di dua KA yang mengalami musibah tersebut," ucap dia.

KAI menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya pelayanan akibat kecelakaan antara KA Turangga relasi Surabaya Gubeng-Bandung dan Commuter Line Bandung Raya di Km 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur-Stasiun Cicalengka pada Jumat pukul 06.03 WIB tersebut.

Investigasi Penyebab Kecelakaan

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga mengirimkan tim untuk menindaklanjuti dan mengevakuasi korban kecelakaan KA tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...