Serangan Anies soal Lahan, Mengulangi Debat Jokowi vs Prabowo di 2019

Yuliawati
Oleh Yuliawati
8 Januari 2024, 12:05
Capres nomor urut satu Anies Baswedan menyampaikan pandangannya saat debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Debat kali ini bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Capres nomor urut satu Anies Baswedan menyampaikan pandangannya saat debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut pertama Anies Baswedan menyerang kepemilikan 340 ribu hektare lahan Prabowo Subianto saat debat capres ketiga pada Ahad (7/1). Serangan Anies ini mirip materi debat calon presiden pada Pilpres 2019 antara Joko Widodo dan Prabowo.

Jokowi pernah menyentil Prabowo Subianto mengenai lahan ratusan ribu hektar milik Prabowo di Kalimantan Timur dan Aceh pada debat calon presiden yang berlangsung Minggu, 17 Desember 2019.

"Saya tahu pak Prabowo punya lahan luas di Kalimantan Timur 220 ribu hektare, di (Kabupaten) Aceh Tengah 120 ribu," kata Jokowi ketika itu.

Pernyataan ini muncul saat Jokowi dan Prabowo berdebat mengenai persoalan agraria di Indonesia. "Saya sampaikan bahwa pembagian seperti ini tidak dilakukan di masa pemerintahan saya," sambung Jokowi.

Prabowo pun tak membantah kepemilikan lahan tersebut. “Daripada jatuh ke tangan asing, lebih baik saya yang kelola sendiri karena Prabowo berjiwa nasionalis dan patriot,” kata Prabowo.

Lahan yang disinggung tersebut terkait dengan perusahaan pulp and paper milik Prabowo. Namanya, PT Kertas Nusantara, dulu bernama PT Kiani Kertas. PT Kertas Nusantara ini memiliki konsesi lahan seluas 220 ribu hektare di Kabupaten Pasir Penajam, Kalimantan Timur.

Selain itu Prabowo memiliki lahan seluas 120 ribu hektare atas nama PT Tusam Hutan Lestari. Perusahaan ini memasok kebutuhan bahan baku PT Kertas Kraft Aceh (KKA).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatur kepemilikan hak, termasuk hak guna usaha (HGU) perlu dilaporkan dalam laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN). Bila HGU dimiliki oleh perusahaan, maka penyelenggara negara itu wajib melaporkan kepemilikannya terhadap saham perusahaan tersebut.

Dalam LHKPN, Prabowo melaporkan jumlah kekayaannya 2,04 triliun yang terdiri dari surat bergarga termasuk saham Rp 1,7 triliun. Namun, tak ada rincian detail kepemilikan surat berharga tersebut.

Anies Benturkan Lahan Prabowo dengan Kesulitan Prajurit

Berbeda dengan Jokowi, Anies membenturkan kekayaan Prabowo dengan kesulitan ekonomi yang dialami para prajurit TNI. Dia mengatakan Prabowo memiliki luas lahan 340 ribu hektare di saat separuh prajurit TNI tidak memiliki rumah dinas.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...