Timses hingga Pakar Beri Masukan ke Cak Imin Jelang Debat Keempat

Amelia Yesidora
16 Januari 2024, 20:55
cak imin, timnas amin, debat
ANTARA FOTO/Syaiful Arif/nz
Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar memberikan sambutan saat haul pendiri Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif KH Bisri Syansuri ke-45 di Denanyar Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (12/1/2024) malam.
Button AI Summarize

Tim pemenangan mengakui performa calon wakil presiden nomor urut satu Muhaimin Iskandar belum maksimal pada debat cawapres pertama. Oleh sebab itu, Timnas AMIN akan mendorong Cak Imin untuk lebih leluasa memaparkan visi misi dengan gayanya sendiri. 

“Kalau (debat) kemarin harus diakui, Cak Imin yang sesungguhnya tidak keluar jadi slepetannya enggak keluar,” kata Juru Bicara Timnas AMIN Indra Charismiadji pada wartawan saat ditemui di Rumah Koalisi Perubahan, Selasa (16/1).

Indra mengatakan Cak Imin cenderung tertekan pada debat cawapres sebelumnya karena ingin memberi penjelasan panjang di tengah keterbatasan waktu. Di debat cawapres yang berlangsung Minggu (21/1) mendatang, mereka mendorong visi misi disampaikan dengan ciri khas Cak Imin. 

Menyambut debat akhir pekan ini, Cak Imin mendapat masukan dari berbagai pihak. Menurut Indra, Timnas AMIN turut mengundang dewan pakarnya untuk memberi masukan hingga mengkritisi topik debat.

TKN Persiapkan Gibran

Sedangkan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo - Gibran telah menyusun sejumlah langkah untuk menghadapi debat cawapres pada Minggu (21/1). TKN mengatakan strategi tersebut bakal menyesuaikan dengan tema debat.

Wakil Ketua TKN Eddy Soeparno mengaku optimistis Gibran Rakabuming Raka dapat mengulangi keberhasilan saat sesi debat cawapres bertema ekonomi pada akhir Desember lalu.

"Meski ini isu nasional, Mas Gibran tentu sudah paham karena tema itu beririsan dengan tugasnya sebagai kepala daerah di Solo," kata Eddy lewat sambungan telepon pada Selasa (16/1).

Adapun topik debat keempat adalah energi, sumber daya alam, sumber daya manusia, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat. Lokasi debat keempat sama dengan lokasi debat kedua, yakni di JCC Senayan. 

Ketersediaan venue dan tim paslon yang telah familiar dengan lokasi menjadi alasan debat cawapres kembali digelar di JCC. Tempat debat juga dinilai dapat membantu tim penyelenggara debat secara teknis.

Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...