Microsoft Dukung Aturan Kominfo Soal Pedoman Teknologi AI

Lenny Septiani
19 Januari 2024, 21:05
microsoft, ai, kominfo
Yandex
Ilustrasi kecerdasan buatan
Button AI Summarize

Perusahaan  global Microsoft mendukung Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Nomor 9 Tahun 2023 tentang Etika Kecerdasan Artifisial.

Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir mengatakan AI bukan hanya alat untuk meningkatkan produktivitas efisiensi dan kreativitas. AI diharapkan juga untuk meningkatkan kualitas hidup jutaan masyarakat.

“Dukungan ini kembali akan menempatkan Indonesia di garda terdepan di Asia Tenggara dalam pengembangan koridor serta regulasi AI yang bertanggung jawab," kata Dharma dalam acara Sarasehan Nasional AI: Memperkuat Komitmen Etika dalam Tata Kelola Kecerdasan Artifisial untuk Akselerasi Ekonomi Digital, di Jakarta, Jumat (19/1). 

Dharma mengatakan Microsoft dan para pelaku industri lainnya siap untuk berbagi keahlian sumber daya dan praktek terbaik mengenai AI yang bertanggung jawab bagi Indonesia.

“Bersama-sama kita dapat menciptakan masa depan yang semakin baik untuk Indonesia dengan AI sebagai co-pilot,” ujar dia.

Menurutnya, AI dapat membantu menyelesaikan masalah yang mendesak yang dihadapi saat ini, baik itu d ibidang kesehatan, pendidikan, krisis iklim dan lainnya.

“Penyelesaian ini tentu saja hanya dapat terwujud apabila ada upaya bersama baik dari sektor privat dan publik, untuk mengembangkan dan menggunakan AI secara bertanggung jawab," katanya.

Sedangkan Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria menjelaskan ada beberapa aturan di dalam SE ini yang diharapkan bisa memacu dunia industri agar tidak ragu dalam inovasi, namun tetap memperhatikan nilai-nilai etik terkait AI.

Nezar juga mengatakan sosialisasi SE ini sedang dilakukan baik kepada sektor publik maupun swasta. Nezar berharap dengan dukungan para pelaku industri terhadap SE ini dapat melindungi perlindungan data pribadi, keamanan, inklusivitas dan lainnya. 

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...