Gibran Janjikan 5 Juta Green Jobs untuk Anak Muda, Bagaimana Caranya?

Ira Guslina Sufa
21 Januari 2024, 20:38
Gibran Rakabuming menyampaikan visi misi dalam debat cawapres
Katadata
Button AI Summarize

Debat keempat dalam rangkaian pemilihan presiden 2024 yang berlangsung Minggu (21/1) berjalan cukup panas. Pada sesi pertama masing-masing calon wakil presiden memaparkan visi dan misi yang akan dilakukan saat terpilih dalam pilpres 14 Februari 2024 mendatang. 

Pada paparan visi dan misinya, calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyodorkan janji untuk menyediakan 19 juta lapangan kerja. Penyediaan lapangan kerja itu menurut Gibran tak bisa dilepaskan dari program hilirisasi yang kini tengah digenjot pemerintah. 

Menurut Gibran program hilirisasi yang saat ini sudah dilakukan dalam sektor tambang dan sumber daya alam perlu diperluas cakupannya. Ia mengatakan hilirisasi tidak hanya dilakukan di sektor energi tetapi juga di bidang pertanian dan maritim. 

Gibran mengatakan persoalan lingkungan dan perubahan iklim seperti yang menjadi salah satu tema debat malam ini tidak bisa dilepaskan dari upaya untuk mendorong energi baru. Ia menyebut pemerintah di masa yang akan datang harus mengurangi ketergantungan kepada energi fosil. 

“Untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil kita harus dorong transisi energi hijau seperti bioavtur, biodiesel dan bioetanol. Yang sudah dilakukan meliputi B35, danB40,” ujar Gibran saat memaparkan visi dan misi. 

Putra Presiden Joko Widodo itu mengatakan Indonesia saat ini memiliki potensi energi baru terbarukan yang besar. Potensi itu menurut dia mencakup energi surya, angin, air, bio energi dan juga panas bumi. 

Halaman:
Reporter: Rena Laila Wuri
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...