Gibran Sindir Cak Imin karena Baca Catatan Saat Debat Cawapres

Nur Hana Putri Nabila
21 Januari 2024, 20:30
debat cawapres, gibran, muhaimin
Katadata
Button AI Summarize

Calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka menyindir, cawapres Muhaimin Iskandar (Cak Imin), karena membaca catatan saat debat cawapres di Jakarta Convention Centre, Minggu (21/1). Hal itu dikemukakan Gibran saat  menanggapi pernyataan Cak Imin di sesi kedua.

Awalnya panelis menanyakan Cak Imin bagaimana startegi paslon menghadapi perubahan iklim dan kualitas gizi pangan. Dalam kesempatan itu, Cak Imin mengatakan bahwa irigasi di Indonesia tidak memadai meskipun tanpa krisis iklim. 

"Lebih fatal lagi, pengadaan pangan petani tak dilibatkan dan hanya melibatkan korporasi. Ini harus dirubah," ujar Cak Imin saat debat, Minggu (21/1).

Dia mengatakan, petani dan seluruh produknya sangat luar biasa. Oleh sebab itu, dia mengatakan, perlu dilakukan reformasi agraria dan petani juga harus diberi pupuk dengan harga yang terjangkau.

"Potensi pupuk organik juga penting agar produksi pertanian kita berkualitas," ujarnya.

Cak Imin mengatakan, program gagal pangan juga perlu diperhatikan. Negara harus memfasilitasi untuk menghentikan ketergantungan dari produksi kita sendiri.

Gibran dan Cak Imin Salin Sindir

Sesi berikutnya,  Gibran kemudian diminta untuk menyatakan pendapatnya mengenai jawaban dari jawaban Cak Imin. Namun alih-alih langsung menjawab, Gibran malah terlebih dahulu menyindir Cak Imin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...