TPN Ganjar Sentil Gibran: Debat Minim Substansi, Hanya Ditutupi Gaya

Ade Rosman
23 Januari 2024, 17:36
gibran, debat, mahfud
ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat/tom.
Capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kanan) duduk saat jeda Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024).
Button AI Summarize

Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Chico Hakim menilai penampilan calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam debat cawapres yang telah dilaksanakan selama dua kali minim substansi.

Chico mengatakan, kekurangan tersebut dicoba ditutupi oleh putra dari Presiden Joko Widodo itu dengan gaya bicara penuh percaya diri yang berlebihan.

"Saya konsisten dengan apa yang saya katakan sebelumnya bahwa Gibran sangat minim dalam substansi dan dia ingin menutupinya dengan gaya bicara yang sangat overconfidence," kata Chico dalam agenda media discussion di media center TPN Ganjar-Mahfud, Selasa (23/1).

Menurut Chico, seseorang yang tak bisa memberikan substansi dalam perdebatan akan sulit dibentuk, meskipun telah ditempa sedemikian rupa jelang dilaksanakannya debat.

Ia mencontohkan, seorang ahli dalam suatu bidang tak hanya dicapai melalui pendidikan formal berupa sekolah hingga kuliah. Dalam prosesnya, seseorang tersebut perlu menjajaki pengalaman puluhan tahun.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...