5 Poin Penting Debat Kelima Pilpres, Prabowo Tampil Pertama Bedah Visi

Ira Guslina Sufa
1 Februari 2024, 08:46
Debat
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/Spt.
Pekerja menyelesaikan tempat yang digunakan untuk debat capres dan cawapres Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Senin (11/12/2023).
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menggelar debat kelima dalam putaran pemilihan presiden atau pilpres 2024. Debat yang berlangsung di Jakarta Convention Center pada Minggu (4/2) mendatang akan mempertemukan tiga calon presiden yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. 

Komisioner KPU August Mellaz mengatakan lembaganya telah menyiapkan sejumlah hal untuk memastikan kelancaran debat terakhir capres dan cawapres di pilpres 2024 ini. Meski debat terakhir hanya menampilkan capres, namun ketiga calon wakil presiden yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD juga akan hadir di JCC menyaksikan secara langsung. 

 Adapun isu yang akan dibahas berkaitan dengan kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi. Ketiga capres telah menyiapkan sejumlah gagasan dan program berkaitan dengan tema debat yang akan dibahas. 

Bagaimana persiapan KPU menggelar debat kelima? Siapa saja yang akan menjadi panelis dan moderator debat? Berikut beberapa hal penting dalam debat kelima 

Prabowo Urutan Pertama Tampil di Debat Kelima

Pada debat kelima nanti, calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto akan tampil di urutan pertama. Setelah prabowo menyampaikan visi dan misi dilanjutkan dengan Ganjar Pranowo dan terakhir Anies Baswedan. 

"Kalau yang terakhir debat keempat kemarin kan dari pasangan calon nomor urut 1. Jadi, nanti akan dimulai dari pasangan calon nomor urut 2 dalam hal ini calon presiden ya,” ujar August. 

Format dan Tema Debat Kelima Pilpres

August Mellaz mengatakan pada debat kelima KPU kembali menggunakan format debat yang sama dengan tiga debat capres-cawapres sebelumnya. Durasi debat keempat juga akan sama seperti debat sebelumnya, yakni 150 menit, dengan durasi khusus debat 120 menit dan terdiri atas enam segmen.

Segmen pertama debat akan dibuka dengan penyampaian visi, misi, dan program kerja; kemudian, segmen kedua, ketiga, keempat, dan kelima adalah pendalaman visi, misi, dan program kerja. Moderator lalu akan mengajukan berbagai pertanyaan kepada seorang peserta debat, dan peserta lain akan saling menanggapi.

Terakhir, segmen keenam atau penutup adalah masing-masing peserta debat menyampaikan pernyataan secara penutup. Kendati demikian, Mellaz mengatakan KPU menerima usulan agar ada penambahan waktu pada segmen keenam.

"Sempat ada usulan bagaimana kalau kemudian ada penambahan khusus, kalau segmen keenam atau closing statement yang sebelumnya durasi waktunya 2 menit disamakan dengan penyampaian visi misi 4 menit," jelasnya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...