Mahfud Bantah Keluar Kabinet Karena Banyak Menteri Dukung Prabowo

Muhamad Fajar Riyandanu
1 Februari 2024, 20:30
Mahfud MD didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno
Katadata / Muhammad Fajar Riyandanu
Mahfud MD didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno
Button AI Summarize

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD, menepis tudingan yang menyebut dirinya menarik diri dari Kabinet Indonesia Maju karena gelisah dengan kondisi sejumlah menteri memberi dukungan kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

"Tidak, itu wacana di luar yang begitu itu. Kalau saya tidak bicara itu," kata Mahfud usai menyerahkan surat pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka Jakarta pada Kamis (1/2).

Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran berisi sejumlah menteri aktif kabinet. Mereka mayoritas berada di posisi Dewan Pengarah TKN.

Adapun Ketua Dewan Pengarah TKN dijabat oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sementara Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pengarah TKN.

Selain itu, ada sosok Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir serta Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo yang menjadi menteri non-TKN pendukung Prabowo-Gibran.

Erick dan Dito terpantau hadir dalam debat cawapres di Jakarta Convention Center (JJC) pada Ahad, 21 Januari lalu. Sementara Bahlil Lahadalia datang di dua hajatan sebelumnya.

Pada kesempatan tersebut, Mahfud menyampaikan bahwa kondisi kabinet saat ini berlangsung harmonis. "Tentu lah (solid). Pemerintah pasti bisa menangani," ujar Mahfud.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...