Usai Mencoblos, Jokowi Berharap Pemilu Berlangsung Jujur dan Adil

Andi M. Arief
Oleh Andi M. Arief - Zahwa Madjid
14 Februari 2024, 10:03
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo, memasukkan surat suara di TPS 10 Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (14/2).
Andi M. Arief/Katadata
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo, memasukkan surat suara di TPS 10 Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (14/2).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo selesai menuntaskan hak suaranya  di Tempat Pemungutan Suara atau TPS 10 Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (14/2). Jokowi datang bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada pukul 08.48 WIB.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, Jokowi mengenakan kemeja putih dan celana panjang hitam. Sementara Iriana mengenakan kebaya berwarna hijau muda. Jokowi dan Iriana tampak menggunakan hak suaranya untuk memilih calon presiden, calon wakil presiden, anggota DPR, anggota DPD, dan anggota DPRD.

Sekitar pukul 09.05 WIB, Jokowi dan Iriana tampak telah selesai mencoblos dan memasukkan surat suara. Setelah itu, pasangan suami istri tersebut mencelupkan masing-masing jari kelingkingnya ke tinta yang disediakan petugas TPS.

"Ini adalah pesta demokrasi, kami berharap ini betul-betul jadi pesta rakyat dan berlangsung dengan jujur, adil, langsung, umum, bebas, dan rahasia," kata Jokowi di halaman kantor Lembaga Administrasi Negara, Rabu (14/2).

Jokowi juga berharap Pemilu dan Pilpres 2024 diikuti seluruh masyarakat dengan kegembiraan. Dia mengatakan akan melanjutkan kegiatannya di Istana Bogor selain kantornya di Istana Merdeka.

"Setelah dari TPS, langsung kembali ke istana, mungkin di Jakarta atau mungkin yang di Bogor," ujarnya.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, kegiatan di TPS 10 Gambir, Jakarta Pusat dimulai pada 07.30 WIB dengan memeriksa perlengkapan TPS, seperti surat suara dan paku alat pencoblosan. TPS tersebut mulai mulai membuka kesempatan masyarakat untuk menunaikan hak pilihnya sekitar 08.00 WIB.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief, Zahwa Madjid
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...