Kawal Pemilu Akui Prabowo Menang Pilpres, Tak Temukan Kans Kecurangan

Ira Guslina Sufa
13 Maret 2024, 13:03
Kawal Pemilu
ANTARA FOTO/Arnas Padda/aww.
Petugas membacakan perolehan suara Pemilu 2024 saat rapat pleno rekapitulasi suara di tingkat kecamatan di Kecamatan Manggala, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (19/2/2024).
Button AI Summarize

Unggahan terbaru yang dibuat pendiri lembaga pemantau pemilu independen Kawal Pemilu, Ainun Najib di akun media sosial X mendapat sorotan warganet. Dalam unggahan itu ia mengucapkan selamat kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka. 

"Kami mengucapkan selamat kepada @prabowo dan @gibran_tweet telah memenangkan Pilpres satu putaran saja dengan kira-kira 58% suara," ujar Ainun dalam unggahannya yang dikutip Rabu (13/3). 

Pernyataan Ainun itu mendapat respon yang beragam dari warganet. Alasannya ucapan selamat kepada Prabowo ia sampaikan saat Komisi Pemilihan Umum belum merampungkan rekapitulasi suara secara nasional. 

Meski begitu, Ainun punya alasan kuat di balik ucapan selamat yang ia tujukan pada Prabowo. Menurut Ainun berdasarkan data perolehan suara yang sudah diolah Kawal Pemilu saat ucapan itu dibuat data yang masuk sudah mencapai 82% sehingga sisa suara yang masuk dinilai tidak akan mengubah keadaan. 

Merujuk data Kawalpemilu.org yang diakses pada pukul 12.00 WIB, Kawal Pemilu telah merampungkan perhitungan langsung terhadap suara yang berasal dari  678.723 tempat pemungutan suara (TPS). Adapun pada pemilu 2024 Komisi Pemilihan Umum menetapkan total TPS berjumlah 823.366 TPS yang ada. 

Kawal Pemilu mencatat jumlah suara yang diperoleh Prabowo - Gibran adalah 58,45% dengan jumlah suara 78,95 juta. Selanjutnya pasangan Anies  Baswedan - Muhaimin Iskandar memperoleh 25,04% atau setara 33,82 juta suara. Adapun pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD meraih 16,5% suara dengan total 22,29 juta.  Raihan suara yang diumumkan Kawal Pemilu tak jauh berbeda dengan hasil perhitungan sementara yang dirilis oleh KPU dengan keunggulan Prabowo - Gibran di kisaran 58%. 

Dengan perolehan suara itu, Kawal Pemilu memastikan pilpres 2024 akan berlangsung dalam satu putaran. perhitungan lantaran mereka menilai dengan sisa 17,3% suara yang belum masuk meskipun pasangan Anies - Muhaimin, dan Ganjar - Mahfud mendapat tambahan suara tidak akan berhasil mengejar selisih suara dengan Prabowo - Gibran. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...