Airlangga Respons MK soal Golkar: Bungkus Bansos Tak Berwarna Kuning

Ade Rosman
5 April 2024, 14:32
golkar, airlangga, bansos
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah), Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar Luhut Binsar Pandjaitan (kanan) dan Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie (kiri) menghadiri kegiatan buka puasa bersama dan silaturahmi Partai Golkar se-Indonesia di kawasan Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (15/3/2024).
Button AI Summarize

Menteri Kooordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto enggan menjawab panjang pertanyaan Hakim Konstitusi dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU). Airlangga beralasan, dirinya dihadirkan dalam sidang tersebut sebagai Menko bukan Ketua Umum Golkar.

Kendati demikian, Airlangga menjelaskan bahwa tas bantuan sosial yang dibagikan tak berwarna kurning, warna yang identik dengan Partai Golkar.

"Ada satu yang bisa saya pastikan bahwa bansos itu bungkusannya tidak ada yang berwarna kuning," katanya dalam sidang di MK, Jumat (5/4).

Mendengar jawaban tersebut, Ketua MK Suhartoyo lantas lanjut bertanya berkaitan dengan warna tas bansos. "Kalau warna lain ada pak?" Tanya Suhartoyo. Sambil tertawa, Airlangga pun mengaku tak tahu.

4 Menteri di sidang MK, ada sri mulyani dan menko airlangga
4 Menteri di sidang MK, ada sri mulyani dan menko airlangga (Katadata)

Sebelumnya, Hakim Konstitusi Arief Hidayat menanyakan kenaikan suara Golkar di Pemilu 2024. Ia menyinggung pembahasan sidang PHPU sebelumnya yang menyebut bahwa pemberian bansos lebih berdampak untuk Pileg dibanding Pilpres.

"Jadi partai yang naik pesat suaranya adalah Golkar. Nah ini yang mungkin nanti bisa direspons," kata Arief.

Senada, hakim konstitusi Daniel Yusmic Foekh bertanya apakah Airlangga saat ini masih memegang posisi Ketua Komite Pemulihan Ekonomi Nasional . Ia lalu menyinggung potensi hubungan posisi Airlangga dengan kenaikan signifikan perolehan suara Partai Golkar.

"Seolah-olah ada korelasinya, karena jabatan Bapak ini kemudian suara Partai Golkar naik signifikan. Mungkin bisa memberikan konfirmasi terkait dengan jabatan bapak," katanya.


Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...