Wall Street Menguat Tersulut Laporan Lapangan Kerja Amerika Serikat

Nur Hana Putri Nabila
6 Mei 2024, 06:15
Ilustrasi - Bursa Wall Street. ANTARA/Reuters/Mike Segar
Antara
Ilustrasi - Bursa Wall Street. ANTARA/Reuters/Mike Segar
Button AI Summarize

Indeks bursa Amerika Serikat (AS) Wall Street melonjak pada perdagangan Jumat (3/5) setelah laporan lapangan kerja bulan April yang mengecewakan. Hal itu memicu spekulasi bahwa Federal Reserve mungkin akan segera mengurangi tingkat suku bunga

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 450,02 poin atau 1,18%, menjadi 38.675,68. Sementara itu S&P 500 tumbuh 1,26% menjadi 5.127,79 dan mencatatkan hari terbaiknya sejak Februari. Adapun Nasdaq Composite menguat 1,99% dan ditutup di level 16.156,33.

Semua indeks utama mencatat kemenangan pada akhir pekan. Dow dan Nasdaq masing-masing meningkat 1,14% dan 1,43%, sedangkan S&P 500 tumbuh 0,55%.

Di samping itu, Laporan nonfarm payrolls pada Jumat mencatat penambahan 175 ribu pekerjaan pada bulan April. Angka ini di bawah perkiraan 240.000 pekerjaan dari para ekonom yang disurvei oleh Dow Jones. 

Kemudian menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, tingkat pengangguran naik sedikit menjadi 3,9% dari 3,8% pada bulan sebelumnya. Angka-angka upah juga di bawah perkiraan hingga memberikan sinyal positif bagi inflasi.

Co-chief Investment Strategist John Hancock Investment Management, Emily Roland mengatakan laporan tersebut secara efektif mengurangi kekhawatiran investor bahwa ekonomi mungkin terlalu panas atau mengalami percepatan. Laporan itu juga membangkitkan kembali harapan akan penurunan suku bunga. 

Halaman:
Reporter: Nur Hana Putri Nabila
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...