Shopee dan Lazada Bakal Nonaktif Akun Penjual Masker Harga Jutaan

Shoppe, Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak meminta konsumen melapor harga masker yang tidak wajar. Harga masker seiring mewabahnya virus corona.
Image title
Oleh Cindy Mutia Annur
4 Maret 2020, 13:28
Shopee dan Lazada Bakal Nonaktif Akun Penjual Masker Harga Jutaan
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi, sejumlah warga membeli masker dan cairan pembersih tangan ('hand sanitizer') di Pasar Pramuka, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Harga masker mencapai jutaan rupiah setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan dua warga Depok terinfeksi virus corona. Shopee dan Lazada menegaskan bakal menonaktifkan akun mitra pedagang yang menaikkan masker secara tidak wajar.

Chief of Customer Experience Lazada Indonesia Ferry Kusnowo mengatakan, perusahaan terus memantau ketersediaan dan harga masker. Ia mendorong, mitra menjajakan produk dengan harga yang wajar dan kompetitif.

“Hal ini memerlukan peran dan kerja sama dari para penjual. Apabila ditemukan ketidakwajaran harga dibanding biasanya, kami akan segera menonaktifkan daftar produk tersebut dari platform,” kata Ferry kepada Katadata.co.id, Rabu (4/3).

(Baca: Harga Masker Jutaan Rupiah, KPPU: Belum Ada Dugaan Pelanggaran)

Hal senada disampaikan oleh Shopee. “Di tengah situasi sekarang ini, jika terdapat penjualan produk masker dari mitra penjual yang menaikkan harga secara tidak masuk akal, tim internal akan segera menindaklanjutinya,” kata juru bicara Shopee.

Selain itu, Shoppe berjanji bakal terus berkomunikasi dengan mitra penjual untuk memastikan harga masker sesuai ketentuan. (Baca: Tokopedia hingga Bukalapak Respons Harga Masker Jutaan Rupiah)

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menambahkan, perusahaan memastikan berbagai produk kesehatan yang dijual sesuai dengan harga pasaran. “Jika ada penjual yang menetapkan harga tidak wajar, Tokopedia berhak menindak,” kata dia.

Tindakan yang dimaksud berupa pemeriksaan, penundaan atau penurunan konten, serta lainnya sesuai prosedur. “Kami juga mengimbau masyarakat melaporkan produk yang harganya tidak wajar, langsung dari fitur Laporkan di setiap halaman,” katanya.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, masker kesehatan dijual Rp 728 ribu oleh akun Seasonkerfien2101 di platform Bukalapak. Sedangkan sekotak masker N95 dibanderol Rp 1,2 juta oleh akun Belgia Store.

(Baca: Tokopedia dan Bukalapak Respons Maraknya Penjual Obat Antivirus Corona)

Toko bernama siswoyo House di Tokopedia juga menjual sekotak masker bedah Rp 3 juta. Akun sumbeRezeki08 menjual masker N95 Rp 1,5 juta. Begitu juga dengan penjual Shopee. Sekotak masker N95 dijual Rp 2,3 juta oleh akun sabripatmarket. Lalu, masker bedah dibanderol Rp 950 ribu oleh akun tokojhunaidi.

Di Lazada, masker bedah berisi 100 kotak bahkan dijual Rp 24,5 juta oleh akun IBINKSTORE94. Artinya satu kotak seharga Rp 245 ribu. Sedangkan masker N95 dijual Rp 2,8 juta oleh akun Salim Store 1582078529.

Begitu juga di Blibli, sekotak masker N95 dijual Rp 2,1 juta oleh akun Moradolio Store. Akun Best Deal Accesories Corner menjual sekotak masker bedah seharga Rp 450 ribu.

(Baca: Konsumen Ditipu Puluhan Juta, Bukalapak Blokir Akun Penjual Masker)

 

Reporter: Rizky Alika, Cindy Mutia Annur

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait