Grab Gaet 350 Ribu UMKM Baru dan Klaim Pendapatan Mitra Naik 20%

Grab menargetkan 400 ribu UMKM baru sebagai mitra tahun ini. Decacorn Singapura ini mengklaim, pendapatan mitra naik berkat fitur iklan.
Image title
23 Oktober 2020, 16:08
Grab Gaet 350 Ribu UMKM Baru dan Klaim Pendapatan Mitra Naik 20%
KATADATA | Ajeng Dinar Ulfiana
Ilustrasi helm Grab

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Perusahaan penyedia layanan on-demand, Grab menggaet 350 ribu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) baru saat pandemi corona. Decacorn asal Singapura ini pun mengklaim, pendapatan mitranya meningkat 20% berkat fitur iklan.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), pendapatan 60% dari 64 juta UMKM turun akibat pandemi Covid-19. Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan, platform digital membantu mereka meningkatkan penghasilan.

"Kami ingin memastikan lebih banyak orang dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital," kata Neneng dikutip dari siaran pers, Jumat (23/10). Grab menargetkan dapat menggaet 400 ribu UMKM hingga akhir tahun.

Untuk memastikan pendapatan mitranya naik, Grab menjalankan beberapa strategi. Yang terbaru, decacorn menggelar bazar online bagi 52 ribu mitra GrabFood, GrabExpress, GrabKios, dan GrabMart di 14 kota, selama 26-28 Oktober.

Startup skala jumbo itu juga meluncurkan fitur GrabAds Ad Manager untuk memudahkan mitra mengelola iklan di aplikasi. Sebelumnya, perusahaan memberikan layanan iklan gratis bagi ribuan mitra UMKM selama tiga bulan terakhir.

Iklan tersebut diklaim menjangkau lebih dari 15 juta masyarakat Indonesia, sehingga mendongkrak pendapatan mitra hingga 20%.

Pada Juni lalu, perusahaan menyediakan GrabMerchant untuk mengintegrasikan bisnis para mitra. Platform ini menghadirkan beberapa fitur seperti pendaftaran mandiri, manajemen profil pemilik, pengelola toko, kasir, grosir, pemasaran, dan laporan perkembangan bisnis.

Grab menggaet pemerintah dan perusahaan lain untuk mendongkrak pendapatan mitra. Salah satunya, berkolaborasi dengan BRI dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dalam memfasilitasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

President Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, pinjaman itu diprioritaskan untuk mitra GrabFood dan agen GrabKios. “Ini untuk memperpanjang napas para pelaku UMKM dan meningkatkan kinerja mereka dalam menghadapi pukulan pandemi," katanya, dikutip dari siaran pers.

Selain Grab, pemerintah menggandeng Gojek, Tokopedia, Shopee untuk menyalurkan KUR. "Kami berharap, platform digital dan mitranya menjadi akselerator perekonomian. Harapannya, mitra bisa naik kelas," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dikutip dari Antara.

Langkah itu merupakan bagian dari strategi pemerintah untuk mendorong UMKM masuk ekosistem digital tahun ini. Kemenkop UKM mencatat, 10,25 juta pelaku usaha sudah merambah.

Riset International Data Corporation (IDC) dan Cisco pun menunjukkan, digitalisasi UMKM dapat meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) US$ 160 miliar-US$ 164 miliar (Rp 2.372,6 triliun-Rp 2.432 triliun) pada 2024. Namun, besarannya tergantung pada kemahiran pengusaha.
 
Berdasarkan riset bertajuk Asia Pacific SMB Digital Maturity Study 2020, UMKM dibedakan dalam empat kategori yakni indifferent, digital observer, challenger, dan native. Pendapatan indifferent dan digital observer hanya meningkat 8% setelah mendigitalkan bisnis.
 
Sedangkan peningkatan pendapatan kategori challenger 12%, sementara native bisa sampai 16%. Mayoritas UMKM Indonesia tergolong indifferent. "Artinya, banyak yang mengadopsi teknologi digital seadanya," kata Managing Director Cisco Indonesia Marina Kacaribu saat konferensi pers virtual, September (9/9) lalu.
 
 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait